Cara membuat merek

Cara membuat merek yang benar bisa anda pelajari di artikel ini. Cara membuat merek harus disesuaikan dengan jenis produknya. Hal ini agar produk yang telah diberi nama (merek) itu mudah dikenali konsumen karena produk yang baik biasanya juga disertai dengan merek yang menamainya. Maka, bagaimana cara membuat merek yang baik harus diperhatikan sangat.

Kekuatan sebuah merek adalah terkenal di masyarakat, mendapat kepercayaan yang tinggi dari pasar, bahkan setianya konsumen dalam menggunakannya. Kesetiaan dari konsumen itu terdapat dalam bentuk pengenalan, pemilihan, dan terakhir dalam bentuk kepatuhannya pada sebuah merek.

Sebenarnya, Apakah yang Dinamakan dengan Merek?
Merek merupakan sesuatu yang sering didengar di kalangan masyarakat, dari tingkat awam hingga tingkat elite. Mulai orang tua, dewasa, remaja, bahkan hingga anak-anak tidak jarang menggunakan kata merek dalam percakapan sehari-hari.

Cara membuat merek

Merek merupakan sesuatu yang berupa nama, tanda, simbol, maupun lainnya yang dengan penggunaannya dapat menunjukkan suatu identitas dari sebuah produk yang akan dipasarkan guna untuk membedakan produk tersebut dengan produk pesaingnya.
Menurut seorang Ahli yang bernama Kotler, merek merupakan sebuah simbol yang komplek dan di dalamnya menjelaskan tingkatan pengertian, diantaranya ada 6 sebagai berikut: atribut produk; manfaat produk; nilai produk; budaya; kepribadian; pengguna produk. Pemahaman lebih lanjut mengenai merek, terdapat dalam 3 hal di bawah ini:

1. Merek berupa brand name (nama), contoh: carvil, new era, dan lainnya.
2. Merek berupa mark (simbol), contoh: simbol sayap mengidentifikasikan produk yamaha, simbol jendela mengidentifikasikan windows, dan masih banyak lagi.
3. Merek berupa trade character (karakter dagang), contoh: si domar yang terdapat pada indomart, ronald mcdonald yang terdapat pada restoran mcdonald, dan lain sebagainya.

Bagaimanakah Strategi Cara Membuat Merek yang Harus Dijalankan?

Dalam mengenalkan sebuah merek, seorang produsen maupun distributor dapat menjalankan strategi merek seperti berikut:
1. Merek individu
Pemberian merek secara individu yakni merek berbeda pada produk yang baru dikeluarkan seperti pada Wings yang memproduksi merek daia dan Soklin, dan beberapa yang lain untuk menembus segmen pasar yang berbeda.
2. Merek keluarga
Pemberian nama secara berkeluarga yakni pemberian nama yang sama pada produk-produk yang baru dikeluarkan. Tujuannya adalah untuk mendongkrak merek yang telah dikenal oleh masyarakat. Contohnya, Yamaha mengeluarkan produk Yamaha Mio, Yamaha N-Max, Yamaha Jupiter.

Cara membuat merek dagang

Manfaat dan Kelebihan Merek
Merek memiliki manfaat dari 3 sisi yaitu:
1. Bagi perusahaan
Dapat memudahkan distributor dalam mengolah pesanan dan analisis masalah; membantu penjual dalam melaksanakan segmentasi pemasaran; menarik perhatian konsumen.
2. Bagi konsumen
Memudahkan mengenali produk yang bermanfaat untuknya dan mendapatkan kualitas yang sesuai.
3. Bagi publik
Mampu meningkatkan mutu produk, efisiensi pembeli, serta meningkatkan inovasi produk baru.

Dari sejumlah gambaran tentang merek diatas dapat diambil sebuah poin bahwa merek terutama merek dagang sangat penting untuk menjalankan strategi bisnis dan upaya membangun branding. Dengan mendaftarkan merek maka Anda akan memperoleh banyak manfaat mendaftarkan merek dagang. Cara membuat merek sangat penting diperhatikan dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana merek yang anda bangun harus anda lindungi agar tidak digunakan orang lain, lindungi segera merek dagang anda.

Pengertian Merek Dagang dan Ruginya Jika Menunda Mendaftarkan Merek Dagang

Merek dagang merupakan sebuah identitas yang dimiliki sebuah produk untuk selanjutnya bisa lebih dikenal oleh konsumen. Merek dagang menjadi penting sebagai jati diri perusahaan, lembaga atau home industri yang membuat produk karena dari sanalah customer bisa membedakannya dengan kompetitor. Dalam dunia bisnis dan usaha, segala hal yang berkaitan dengan persaingan sehat memang harus dilakukan. Salah satunya adalah memilih nama brand yang menarik.

Tidak hanya menarik, sebuah merek dagang juga harus memiliki filosofi tertentu yang diusung oleh produsen. Lambang dan nama merek dagang pun perlu didesain sehingga mempunyai makna implisit tentang tujuan dibuatnya produk tersebut dan nilai – nilai positif lain. Untuk membuat merek dagang yang baik dibutuhkan tim dengan komposisi para seniman grafis ditambah stake holder perusahaan.

Jika sudah dipikirkan merek dagang yang out of the box, mewakili visi dan misi perusahaan serta memiliki daya jual maka sebaiknya segera daftarkan merek dagang atau trademark tersebut. Lalu, mengapa proses pendaftaran merek dagang harus dipercepat? Apakah merek dagang yang seger didaftarkan dan tidak memiliki perbedaan signifikan?

Pada dasarnya, merek dagang merupakan salah satu hasil karya manusia yang harus diakui. Seperti halnya karya lain, jika tidak segera didaftarkan maka ada kemungkinan terjadi pencurian terhadap hak kepemilikan atas karya berupa merek dagang tersebut. Masalah ini akan semakin besar apabila si pengambil trademark justru mendaftarkan secara legal karya merek dagang terlebih dahulu. Jadi, dalam hal ini bisa jadi si penciptalah yang akan dianggap sebagai plagiat.

Cara membuat merek usaha

Merek dagang termasuk suatu karya yang akan mendapatkan hak kekayaan intelektual. Karena itu, seseorang tidak bisa mengambil karya tersebut begitu saja jika sudah didaftarkan.

Ada banyak kerugian menunda mendaftarkan merek dagang.

Apakah perlu menjalankan usaha dulu beberapa waktu baru mendaftarkan merek dagang atau langsung? Tetapi, bagaimana jika merek dagang yang baru dirintis tiba – tiba mengalami colapse dan bangkrut? Tidakkah hal itu menjadi dua mata pisau yang di satu titik bisa cukup merugikan?

Premis di atas benar adanya. Tentu ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus pendaftaran merek dagang. Namun demikian, resiko kebangkrutan memang tetap ada sehingga hal ini harus dipersiapkan baik dari sisi finansial maupun sisi psikologis. Jangan sampai kemungkinan ini membuat seseorang enggan mendaftarkan merek dagang.

Menunda pendaftaran berarti membuka kesempatan bagi para plagiat untuk mengambil hak cipta terhadap merek dagang. Tidak hanya itu, bisa jadi nanti si pembuatlah yang akan diproses hukum karena menjual produk secara masal dengan merek dagang orang lain. Jangan sampai hal ini terjadi karena akan ada sanksi tertentu sesuai aturan perundangan.

    Call Us
    Chat WA