Syarat Pengurusan Merek Dagang

Syarat Pengurusan Merek Dagang Untuk Hak Pemilikan Merek. Pengertian hak merek itu sendiri merupakan salah satu bentuk perlindungan eksklusif dari pihak yang berwenang terhadap suatu produk agar bisa melakukan aktivitas perdagangan. Biasanya, proses pengurusan merek dagang ini bisa sampai 6 bulan semenjak tanggal penerimaan dari pemohon. Oleh karena itu, mengetahui syarat pengurusan merek dagang terlebih dahulu sangat penting untuk menghemat waktu. Hal ini agar terhindar dari kerugian tidak melindungi merek dagang.

Aturan Merek yang Bisa Dilindungi
Siapa saja sebenarnya saja bisa menggunakan nama apapun untuk merek produknya, baik itu yang sudah terdaftar ataupun yang tidak terdaftar. Namun ini juga dengan syarat, nama merek tersebut tidak boleh sama dengan nama merek yang telah terdaftar.
Jika tetap memaksa untuk mendaftarkan merek dengan nama yang sama dengan merek yang sudah terdaftar atau sudah memiliki izin, maka jika sang pemilik merek tersebut memiliki kuasa untuk melarang berdagang atau bahkan bisa menuntut.

Syarat Pengurusan Merek Dagang

Sebuah merek dagang bisa dilindungi hak kepemilikannya jika ada produk dari merek tersebut ada kekuatan pembeda dengan merek lain yang ada di pasaran.

Berikut adalah beberapa aturan syarat pengurusan merek dagang yang bisa dilindungi.

1. Gambar, bisa berupa gambar binatang seperti macan pada merek produk jajanan Biskuat. Atau kelinci pada jajanan Kacang Dua Kelinci.
2. Kata, ini bisa seperti pada nama produk motor, mobil atau lembaga seperti, Toyota, Yahoo dll.
3. Nama orang, seperti Salvatore Ferragami dll.
4. Sebuah frasa, seperti, Maju Terus, Sinar Jaya dll.
5. Kalimat seperti pada kemasan jajanan anak “Biskuat sekuat macan”.
6. Huruf seperti halnya huruf T pada applikasi Twitter, F untuk aplikasi Facebook.
7. Angka bisa dilihat dari provider GSM di kartu perdana 3.
8. Rangkaian angka yang bisa dilihat pada iklan produk rokok seperti halnya pada rokok, Dji Sam Soe (234).
9. Susunan warna yang bisa dilihat pada perusahaan BUMN Pertamina.
10. Kombinasi unsur-unsur seperti misalnya pada merek Es Teler 88.

Merek yang Tidak Bisa Didaftarkan
Setelah mengetahui beberapa aturan untuk memenuhi syarat pengurusan merek dagang, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa hal yang bisa merek tidak bisa didaftarkan. Kadangkala ada beberapa pihak yang ingin mengecoh pasaran dengan membuat plesetan dari nama merek yang sudah terkenal.
Misalnya saja BFC (Mellbourne Fried Chicken) sudah beredar di pasaran dengan baik, namun ada pihak lain yang juga ingin menggunakan AFC juga namun berubah menjadi Malang Fried Chicken.

Syarat Pengurusan Merek Dagang produk

Nama yang seperti inilah yang tidak bisa diterima untuk didaftarkan menjadi merek dagang. Adapun hal-hal lain yang bisa membuat suatu merek dagang ditolak adalah sebagai berikut.

1. Jika merek yang akan dipasarkan tersebut bertentangan dengan UU, moral, kesusilaan serta ketertiban umum. Misalnya saja ada merek Buddha Bar, namun kemudian batal beroperasi karena bertentangan dengan agama.
2. Nama merek tidak mempunyai daya pembeda seperti misalnya tanda seru (!) ataupun huruf balok namun hanya satu huruf sebagai perwujudan biasa.
3. Merek sudah menjadi milik umum yang misalnya tanda tengkorak, bajak laut dll. Namun jika ini ditambahkan dengan ornamen lain, maka merek ini masih bisa untuk didaftarkan.
Syarat pengurusan merek dagang memang susah-susah gampang, hanya saja ini juga sangat perlu untuk dilakukan untuk membuat merek dagang memiliki kekuatan hukum yang kuat. Jika hal ini tidak dilakukan, maka Anda akan kesulitan melawan jika ada pihak lain yang juga menggunakan merek dagang seperti yang Anda miliki. Meski yang membuat memasarkan merek pertama kali merek tersebut adalah Anda.

    Call Us
    Chat WA