Syarat Pendaftaran Merek Asing

Syarat Pendaftaran Merek Asing Agar Memiliki Hukum Kuat. Perlindungan hukum di Indonesia terhadap merek dagang asing sudah diatur dalam UU Nomor 15 tahun 2001. Dalam UU tersebut disebutkan jika merek dagang asing tersebut memiliki kemiripan atau kesamaan pokok ataupun secara keseluruhan tidak bisa diterima. Oleh karena itu, mengetahui syarat pendaftaran merek asing sangatlah penting. Hanya saja, memang di Indonesia terkait pelanggaran merek dagang asing ini kerap sekali terjadi, sehingga kebanyakan kasusnya harus diselesaikan lewat jalur pengadilan.

Perlukah Merek Dagang Asing Didaftarkan?
Sebelum lebih lanjut membahas terkait syarat pendaftaran merek asing, Anda juga harus memahami apa maksud dari merek itu sendiri. Merek merupakan sebuah tanda yang berada pada suatu barang tertentu yang berfungsi sebagai pembeda dari barang maupun jasa lain. Merek atau tanda ini juga sama sekali tidak berhubungan dengan kualitas barang atau jasa yang ditawarkan.

Syarat Pendaftaran Merek Asing barang

Serta tidak berhubungan dengan jasa atau barang tersebut dapat dimiliki perorangan ataupun perusahaan. Nah, yang dimaksud tanda di sini juga bisa berupa gambar, kata, nama, huruf, angka, susunan nama, atau unsur lainnya yang mana fungsi ini juga sebagai pembeda untuk kegiatan perdagangan maupun jasa.

Sementara mengenai perlu ataukah tidaknya merek dagang asing itu didaftarkan, perlu juga untuk Anda ketahui bahwa perlindungan atas ha dari merek dagang tersebut adalah bersifat teritorial. Dengan kata lain di sini, jika merek dagang asing itu ingin mendapat perlindungan agar tidak digunakan oleh pihak-pihak lain, maka pendaftaran merek dagang asing ini harus dilakukan. Pendaftaran merek dagang asing ini sendiri biasanya dilakukan di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Indonesia.

Syarat Pendaftaran Merek Asing Yang Perlu Diketahui

Syarat pendaftaran merek asing itu sendiri juga sudah diatur ketentuannya dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 67 tahun 2016. Sebagai penambah wawasan Anda, berikut adalah beberapa syarat tersebut.
1. Adanya label merek. (Yang dimaksud di sini adalah contoh merek atau etiket yang nantinya dilampirkan saat melakukan permohonan merek dagang.
2. Surat pernyataan tanda kepemilikan merek yang akan didaftarkan tersebut.
3. Surat kuasa (powe of mark ownler) terhadap label merek.
4. Bukti prioritas terhadap label merek tersebut, namun juga disertai terjemahan dengan menggunakan bahasa indonesia.

Syarat Pendaftaran Merek Asing produk

Kerugian dan Keuntungan Mendaftar Merek Dagang
Selain mengetahui syarat pendaftaran merek asing, Anda juga harus mengetahui terkait keuntungan dan juga kerugian tidak melindungi merek dagang atau tidak mendaftar merek dagang. Jika suatu produk tidak didaftarkan merek daftar asing, maka produk tersebut dapat dipastikan akan sulit atau bahkan tidak bisa dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, produk yang tidak didaftarkan merek dagang akan rawan untuk ditiru oleh pihak-pihak lain karena tidak memiliki kekuatan hukum lisensi yang kuat.

Kebalikan dari hal di atas, jika Anda bersedia mendaftarkan merek dagang Anda, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Apabila ada pihak-pihak lain yang merugikan Anda yang mungkin dengan cara menjiplak produk, maka ini bisa diselesaikan melalui jalur hukum, karena produk yang Anda miliki memiliki badan hukum yang kuat.

Syarat Pendaftaran Merek Asing

Merek dagang yang sudah Anda daftarkan tersebut juga memberi Anda dukungan eksklusif sepenuhnya untuk memanfaatkan merek tersebut dalam berbagai keperluan. Misalnya saja dalam upaya pemasaran produk ke masyarakat luas agar semakin dikenal. Di Indonesia sendiri, pelanggaran terhadap merek dagang juga sangat sering terjadi, termasuk di dalamnya adalah pemalsuan suatu produk untuk fungsi yang jauh berbeda dari aslinya.

Oleh karena itu setelah mengetahui apa saja syarat untuk mendaftarkan merek asing ini, lebih baik segera daftarkan merek dagang Anda agar aman dalam menjalankan usaha.

    Call Us
    Chat WA