Syarat pendaftaran hak paten merek

Syarat pendaftaran hak paten merek – Merek adalah faktor yang sangat penting dalam perdagangan barang dan jasa. Sebuah merek bisa diandaikan seperti sebuah nama pada manusia yang membedakan orang satu dengan orang lainnya. Dengan demikian merek adalah sebuah identitas yang melekat pada sebuah produk yang merepresentasikan image dan juga citra dari produk itu sendiri di masyarakat. Tidak heran branding adalah sektor pemasaran yang sangat penting bagi sebuah merek agar memiliki pengaruh dan citra yang tepat di kalangan konsumennya.

Yang tidak kalah penting adalah pendaftaran hak paten merk yang memberikan wewenang bagi pemegang merek terdaftar untuk menggunakan merek tersebut pada perdagangan barang dan/atau jasa, serta hak untuk melarang orang lain menggunakan merek yang sama untuk kegiatan perdagangannya sendiri yang tentunya dalam kelas dan jenis barang/jasa yang sama.

Syarat pendaftaran hak paten merek

Syarat pendaftaran hak paten merek pun sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah jika anda mendaftarkan merek melalui kami, karena itu tidak ada alasan untuk tidak mendaftarkan hak merek Anda.

Pentingnya mendaftarkan merek ke badan hak kekayaan intelektual
Merek adalah nama yang diberikan untuk sebuah produk jasa maupun barang yang tentunya dipikirkan secara matang, mempertimbangkan banyak faktor, dan merupakan hasil brainstorming bahkan kadang prosesnya tidak sebentar. Pasti akan jadi hal yang merugikan apabila merek yang sudah ditentukan kemudian digunakan oleh orang lain untuk produk yang jenisnya sama tanpa adanya kompensasi atau konsekuensi. Perlindungan hak merek melindungi merek terdaftar dari penggunaan yang tidak berijin karena pemegang hak merek memiliki hak eksklusif untuk menggunakan merek tersebut pada kegiatan perdagangannya, selama merek yang didaftarkan belum didaftarkan orang lain pada jenis barang/jasa yang sama.

Investasi pemasaran jadi lebih efisien dan efektif
Merek digunakan untuk memasarkan sebuah produk kepada konsumen sehingga tentunya akan merugikan apabila ada produk lain yang menggunakan merek yang sama, identik, atau mirip dengan merek yang Anda gunakan pada jenis produk yang sama pula. Padahal, untuk memilih sebuah produk konsumen juga mempertimbangkan merek produknya, jika ada produk lain dengan nama yang sama meski kualitasnya berbeda tentu akan membuat bingung konsumen.

Syarat pendaftaran hak paten merek menjadi penting dipenuhi untuk melancarkan kegiatan pemasaran usaha Anda karena tentunya untuk marketing membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kalau merek sudah terdaftar, merek Anda jadi punya perlindungan hukum yang apabila dilanggar akan ada konsekuensi hukum bagi pelanggar. Apalagi sekarang banyak pengusaha yang menggunakan merek mirip-mirip dengan merek yang sudah besar dan terkenal untuk produknya.

Perlindungan selama 10 tahun
Syarat pendaftaran hak paten merk yang mudah hanya perlu untuk Anda penuhi selama 10 tahun sekali. Hal ini sesuai dengan aturan UU Merk No. 15 Tahun 2001 pada pasal 28 yang menyatakan masa berlaku perlindungan hukum hak merek adalah selama 10 tahun sejak tanggal penerimaan. Masa berlaku 10 tahun ini bisa diperpanjang asalkan merek yang didaftarkan masih mengacu pada produk jasa atau barang yang sama dengan yang didaftarkan sebelumnya.

Dengan demikian syarat pendaftaran hak paten merk yang berlaku selama 10 tahun ini memberikan hak pada Anda untuk memiliki hak eksklusif menggunakan dan mengkomersilkan merek untuk keuntungan usaha Anda dan memiliki hak untuk mengajukan tuntutan sengketa apabila menemukan pembajakan nama pada jenis barang/jasa yang sama.

Syarat pendaftaran hak paten merek dagang

Bisa dijadikan bisnis waralaba
Mendaftarkan hak merek ke badan hak kekayaan intelektual yang legal dengan syarat pendaftaran hak paten merek yang lengkap bukan berarti orang lain tidak boleh sama sekali untuk menggunakan merek yang Anda miliki. Boleh, asalkan ada ijin legal yang Anda setujui untuk orang lain menggunakan merek bahkan menjual produk Anda ke konsumennya sendiri. Maka dari itu kepemilikan hak paten merek ini bisa dijadikan sebagai dasar untuk mendirikan usaha waralaba di mana orang lain bisa membeli lisensi produk dan merek Anda kemudian menjual produk ke orang lain.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis waralaba tentu saja dari pembayaran lisensi, dan juga branding yang makin luas dan makin banyak dikenal orang sebagai efek dari pemasaran yang dilakukan pemegang lisensi. Semuanya bisa Anda wujudkan dengan syarat pendaftaran hak paten merek yang mudah.

Chat WA