Sertifikat merek

Sertifikat merek wajib diusahakan untuk setiap produk. Entah itu merek yang sudah terdaftar atau belum. Namun untuk menghindari terjadinya sebuah plagiasi yang dilakukan oleh orang lain, lebih baik segera didaftarkan untuk segera mendapatkan sebuah sertifikat merek. Sertifikat merek itu berfungsi untuk menunjukkan bahwa merek dari sebuah produk tersebut sudah legal sehingga produsen lain dilarang untuk menggunakan merek itu.

Apabila produsen lain diketahui menggunakan nama yang sama atau hampir sama, maka bisa dikenai pasal yang terkait dengan plagiasi atau pelanggaran hak merek suatu produk barang atau jasa. Pada dasarnya, sebuah merek itu memiliki beberapa macam jenis, yakni merek dagang, merek jasa, dan merek kolektif. Merek dagang merupakan sebuah merek yang digunakan pada produk barang yang mana barang tersebut diperjualbelikan oleh produsen atau tengkulak secara sendiri atau berkelompok.

Sertifikat merek

Sedangkan merek jasa yakni sebuah merek yang digunakan dalam proses jual beli atau sewa yang dilakukan oleh orang baik secara mandiri atau berkelompok yang berfungsi untuk membedakan antara jasa satu dengan jasa yang lainnya. Sedangkan yang terakhir yakni merek kolektif. Merek kolektif ini merupakan merek yang digunakan dalam sebuah barang dan/atau jasa yang mana barang atau jasa ini memiliki sebuah karakteristik yang sama.

Barang atau jasa ini bisa diperjualbelikan oleh orang secara sendiri atau berkelompok. Merek kolektif ini berfungsi untuk membedakan barang atau jasa satu dengan lainnya agar tidak terjadi tumpang tindih. Secara sederhananya, merek pada suatu produk barang atau jasa berfungsi untuk memberikan ciri khas tertentu yang membedakan barang satu dengan yang lainnya. Yang mana sebuah merek itu apabila sudah terdaftar secara sah dan berlandaskan hukum, maka produsen lain tidak berhak untuk menggunakan merek itu.

Apabila tetap “bandel”, maka produsen tersebut akan dikenai sanksi berupa pelanggaran hal merek atau hak paten dari sebuah produk. Selain memberikan ciri khas tertentu, merek juga berfungsi untuk menarik pembeli atau konsumen. Produk yang sudah memiliki merek, maka konsumen cenderung akan percaya dengan produk itu sehingga hal tersebut akan berdampak positif terhadap penjualan dan keuntungan yang didapatkan oleh produsen itu.

Oleh karena itu, agar suatu produk mendapatkan pengakuan dari konsumen, merek produk harus segera didaftarkan kepada pemerintah yang menaungi keperluan itu untuk menjamin bahwa produk tersebut memang benar-benar berkualitas. Pendaftaran dari sebuah merek bisa dibilang susah-susah gampang. Dengan membutuhkan kesabaran dalam hal kelengkapan dokumen serta waktu yang dibutuhkan bisa dibilang cukup lama, seorang produsen akan mendapatkan keuntungan yang berlebih apabila semua proses itu bisa dilalui.

Karena bisa diambil kesimpulan bahwa produk barang atau jasa yang sudah memiliki merek terdaftar, maka bisa mendulang keuntungan hingga berlipat ganda. Setelah melakukan pendaftaran merek, maka produsen akan mendapatkan sebuah sertifikat merek. Sertifikat itulah yang menunjukkan bahwa produknya memang sudah benar-benar terdaftar. Biasanya dalam sertifikat tersebut tertulis identitas nomor merek terdaftar.

Dengan menggunakan nomor itu yang ditampilkan dalam produk barang atau jasa, maka konsumen akan semakin percaya dalam menggunakan barang dan jasa tersebut. Sertifikat merek juga bisa digunakan apabila merek itu disalahgunakan atau diduplikasi oleh produsen lain. Atau dalam kata lain sertifikat itu bisa dijadikan sebagai bukti dan landasan hukum yang kuat untuk menyelesaikan permasalahan pelanggaran merek itu sehingga pemilik merek yang original bisa melakukan gugatan kepada produsen yang melakukan duplikasi terhadap mereknya.

Sertifikat merek dagang

Pemilik merek atau dalam hal ini produsen barang atau jasa yang sudah memiliki sertifikat merek akan memiliki hak eksklusif untuk mengunakan merek itu sendiri atau memberikan izin kepada produsen lain untuk menggunakan merek itu. Sementara, perlindungan hukum yang berlaku pada merek yang sudah terdaftar yakni selama 10 tahun dan bisa diperpanjang sewaktu-waktu apabila waktunya sudah hampir habis.

Bagaimana? Sudah terpikirkan untuk segera mendaftarkan merek produk anda? Demikian informasi terkait dengan pentingnya pendaftaran merek produk dan keuntungan memiliki merek produk yang sudah terdaftar. Semoga bermanfaat bagi anda dan penggerak ekonomi kreatif Indonesia. Salam sukses.

    Call Us
    Chat WA