Sebelum Mengajukan Permohonan Pendaftaran Merek

Persiapan sebelum mengajukan permohonan pendaftaran merek. Sebelum mengajukan permohonan pendaftaran merek, silahkan hubungi konsulatn kekayaan intelektual kami, segalanya akan menjadi lebih mudah. Anda memang harus terlebih dahulu memperhatikan berbagai hal penting terkait pengajuan tersebut. Hal tersebut dikarenakan dalam mendaftarkan merek terdapat suatu peraturan yang sangat ketat, seperti merek yang Anda daftarkan harus benar-benar tidak memiliki unsur kesamaan, baik secara menyeluruh maupun hanya pokoknya dengan merek yang sejenis lainnya. Lantas bagaimana agar Anda dapat mengetahui bahwa merek yang akan Anda daftarkan tersebut memang tidak memiliki kesamaan dengan merek serupa yang sudah terlebih dahulu terdaftar? Silahkan tanyakan ke kami.

Mengajukan Permohonan Pendaftaran Merek

Memastikan Merek Tidak Memiliki Kesamaan

Ketika Anda merujuk pada peraturan yang terdapat dalam Pasal 6 ayat (1) uruf a dan b UU No. 15 Tahun 2001 tentang merek.
Memiliki kesamaan pada pokoknya atau secara menyeluruh dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis;
Memiliki persamaan pada pokoknya maupun secara menyeluruh dengan Merek pihak lain yang sudah terkenal untuk barang dan/atau jasa yang sejenis.

Sebelum Mengajukan Permohonan Pendaftaran Merek

 

Adapun yang dimaksud dengan persamaan pada pokoknya dalam peraturan tersebut mengacu pada kemiripan yang disebabkan adanya unsur yang di kemudian hari dapat menimbulkan kesan persamaan, baik itu terkait bentuk, susunan warna, cara penempatan dan cara penulisan hingga unsur-unsur maupun persamaan bunyi ucapan. Jika merek dagang yang hendak Anda daftarkan ternyata termasuk ke dalam salah satu kategori yang disebutkan di atas, memang akan sangat besar kemungkinannya bahwa merek daftar Anda akan ditolak saat didaftarkan.

Oleh karena itu, memang sangat disarankan agar Anda melakukan penelusuran merek yang akan Anda daftarkan melalui kami. Apa merek yang akan Anda gunakan dan daftarkan sebelumnya sudah pernah didaftarkan pihak lain? Hal semacam ini berguna untuk mengurangi kemungkinan timbulnya berbagai kerugian yang diakibatkan karena penolakan permohonan atas merek yang akan Anda daftarkan. Tidak hanya itu, hal tersebut juga menghindarkan Anda dari timbulnya berbagai bentuk tuntutan hukum, baik itu secara perdata maupun pidana di kemudian hari dari pihak-pihak lain yang merasa memiliki merek dengan kesamaan pada merek Anda. Sedangkan terkait penelusuran merek akan ada biaya Rp 200.000 per merek per kelas, silahkan bertanya ke konsultan HKI kami.

    Chat WA