Prosedur Pendaftaran Hak Merek

Prosedur pendaftaran hak merek , sekarang ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana prosesnya bagi para pengusaha. Tujuan utamanya sudah jelas sekali yaitu karena agar barang ataupun jasa yang diproduksi terhindar dari tindakan peniruan atau plagiarisme. Di Indonesia sendiri kejahatan semacam itu sering terjadi. Tak hanya dialami oleh perusahaan-perusahaan besar dan sudah populer saja, melainkan juga yang masih tergolong kecil atau baru. Maraknya para peniru yang sengaja ingin mengambil keuntungan lebih ini tentu saja meresahkan.

Meskipun masyarakat juga pada akhirnya tahu jika barang yang mereka beli palsu atau merupakan produk tiruan. Tetapi hal tersebut diabaikan dengan mudah dengan alasan harga yang jauh lebih murah. Ya, memang kebanyakan pengusaha nakal yang melakukan plagiarisme menawarkan harga sangat rendah. Selain karena ingin mendapatkan keuntungan, mereka juga berusaha mendapatkan banyak konsumen. Dengan berani menurunkan harga jual secara drastis, mereka juga bisa mendapatkan simpati dari masyarakat luas. Kebanyakan orang biasanya berpendapat kalau lebih baik membeli barang KW atau tiruan daripada yang asli atau original.

Prosedur Pendaftaran Hak Merek

Padahal pembeli tau betul jika kualitas produk sangatlah berbeda. Tak hanya masalah kualitas bahan, tetapi juga kenyamanan ketika digunakan dan tingkat keawetannya. Masalahnya adalah mereka tak terlalu ambil pusing karena merasa diuntungkan. Mereka dapat menikmati barang yang hampir sama dengan harga jauh lebih murah. Masyarakat bisa tetap menjalani gaya hidup namun tetap mampu menekan biaya seminim mungkin. Hal ini akan menjadi masalah besar bagi para pengusaha dimana lambat laun akan kehilangan konsumen. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk tahu prosedur pendaftaran  merek. Jika brand produk dagangan mereka mendapat perlindungan hukum maka tidak ada orang lain yang berani meniru.

Selain dapat melindungi usaha Anda, prosedur pendaftaran hak merek juga mempunyai fungsi lain.

Ketika brand produk Anda telah terdaftar maka sudah resmi mendapatkan banyak sekali keuntungan. Salah satunya seperti perlindungan secara hukum. Ini akan sangat menguntungkan sekali karena dapat mengindarkan bisnis Anda dari para plagiat. Tidak ada yang akan berani mengambil atau meniru karena Anda dapat langsung melaporkannya. Seringnya tindakan peniruan yang dilakukan seperti memplagiat nama perusahaan, gambar atau logo, dan bahkan produknya sekalipun.

Kemudian keuntungan lainnya adalah kualitas barang atau jasa yang Anda jual semakin meningkat. Alasannya adalah karena semua jenis produk maupun jasa yang telah terdaftar tentunya lolos uji. Dengan begitu maka secara otomatis akan membuat banyak konsumen yang tertarik. Sebagian besar masyarakat akan lebih percaya membeli dan menggunakan barang yang sudah resmi dan mendapat pengakuan dari negara. Untuk prosedur pendaftaran hak paten sendiri tidaklah sulit karena Anda hanya perlu menghubungi konsultan merek kami.

Prosedur Pendaftaran Merek

Sebelum melakukan prosedur pendaftaran hak merek, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal kecil. Yang paling utama adalah melakukan penelusuran merek atau brand melalui kami. Tujuannya agar tidak ada merek yang sama atau mirip dengan produk Anda. Akan berbahaya sekali jika Anda tiba-tiba langsung mendaftar. Bisa jadi dituduh sebagai peniru atau plagiat karena nama brand perusahaan Anda sama dengan milik orang lain. Masalahnya mereka sudah lebih dulu mendaftarkan merek tersebut jauh sebelum Anda.

Kemudian resiko lainnya adalah bisa membuat Anda rugi karena telah susah payah menjalani pendaftaran merek untuk mendapatkan hak merek tersebut. Jika merek dagang Anda sama atau mirip dengan orang lain maka otomatis harus kembali mengulang proses pendaftaran dengan nama yang baru. Oleh sebab itulah mengapa menelusuri merek dagang menjadi hal pertama yang wajib dilakukan. Ketika dirasa tidak ada yang menyamai maka segera daftarkan merek produk Anda agar tidak didahului oleh pesaing bisnis yang lain.

Kira-kira total biaya yang dikeluarkan untuk menyelesaikan prosedur tersebut adalah 3 juta rupiah. Sebenarnya biaya untuk melakukan pengajuan ini tidak tentu dan sifatnya berbeda-beda tiap orang.

Ini bergantung pada banyaknya jenis dan barang yang akan di klaim. Itulah prosedur pendaftaran hak merek yang harus Anda ikuti, banyak manfaat yang bisa didapatkan yaitu mendapatkan perlindungan hukum dari tindakan plagiarisme. Selain itu Anda juga bisa merasakan kalau kualitas produk dagangan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan barang yang telah resmi terdaftar tentunya merupakan produk pilihan yang bagus kualitasnya.

    Chat WA