Persyaratan merek dagang dalam melindungi merek sangat sederhana

Persyaratan merek dagang dalam melindungi merek sangat sederhana, cukup hubungi konsultan merek kami, kami siap membantu anda. Ada sejumlah pihak yang mengalami kerugian tidak melindungi merek dagang dengan alasan tak tahu apa saja yang menjadi persyaratan merek dagang. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan, sebab pihak pemerintah sudah cukup lama melakukan sosialisasi tentang hal yang satu ini. Syarat yang ditetapkan bahkan sudah tersebar luas, bahkan dengan media internet.

Seberapa Penting Mengetahui Persyaratan Merek Dagang?

Di Indonesia, adanya merek dagang menjadi satu hal yang bisa kita temukan dalam setiap bisnis. Akan tetapi, tak semua merek dagang itu sudah didaftarkan. Oleh karena itu, tak heran jika ada sejumlah usaha yang terpaksa dikenai denda dan sanksi karena memakai merek serupa dengan usaha lain yang sudah terdaftar dan memenuhi persyaratan.

Persyaratan merek dagang produk

Fenomena seperti ini menjadi sebuah hal yang wajar dan nyata. Pihak pemerintah sudah memberikan sosialisasi terkait hal serupa. Pemerintah memberi himbauan pada tiap pihak yang melakukan usaha, karena hal ini menjadi satu langkah untuk meminimalisir terjadinya beberapa hal yang tak diinginkan dan justru merugikan satu atau bahkan beberapa pihak.

Adanya persyaratan merek dagang yang ditetapkan memang bertujuan untuk bisa mendata dengan tepat segala hal yang berhubungan dengan suatu merek. Hal ini nantinya juga bisa menjadi satu dasar hukum yang kuat untuk pihak pendaftar yang sudah menerima bukti sah bahwa merek dagang yang diajukan memang sudah terdaftar di lembaga terkait.

Jika suatu pihak sudah memenuhi semua persyaratan dan menerima bukti penerimaan tersebut, maka kedudukannya sudah kuat di mata hukum. Jika ada pihak tak bertanggung jawab yang ingin melakukan satu atau beberapa hal berbahaya, maka mereka bisa menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan masalah yang satu ini.

Persyaratan merek dagang

Pihak yang merek dagangnya sudah terdaftar pun tak perlu merasa khawatir. Apa yang menjadi merek dagang mereka sudah terdaftar. Dengan begitu, mereka tetap bisa memakai merek dagang tersebut secara aman, karena kedudukannya sudah kuat di mata hukum. Mereka tak perlu khawatir merek dagangnya disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Keberadaan persyaratan merek ini sendiri juga sangat mudah untuk Anda lengkapi. Anda tak perlu mengurus banyak dokumen dengan ribet untuk bisa mengajukan merek dagang pada pihak terkait. Anda pun bisa memastikan terlebih dulu nama merek dagang yang diajukan, sehingga nama tersebut tak termasuk yang sudah terdaftar sebelumnya.

Apa Saja Persyaratan Merek Dagang?
Bila Anda ingin mengetahui apa saja yang menjadi persyaratan merek, maka ada beberapa hal yang perlu untuk disiapkan terlebih dulu. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan agar nantinya tak mengalami kesalahan atau ada berkas yang belum dilengkapi.
1. Formulir rangkap 2 memakai kertas A4, yang ditempel etiket merek atau logo serta nama merek yang akan didaftarkan.
2. 1 surat pernyataan berisi nama, alamat sesuai nama, dan alamat pada formulir.
3. Fotokopi pihak pemohon atau direktur.
4. Etiket merek atau logo dan nama merek yang dilampirkan sebanyak 10 buah dengan ukuran minimal 4×4 cm dan maksimal 8×8 cm.

Beberapa persyaratan merek seperti di atas bisa Anda siapkan terlebih dulu sebelum melakukan pengajuan. Dengan begitu, Anda pun tak perlu khawatir dengan dokumen yang tak lengkap dan justru membuat waktu pemrosesan lebih lama. Oleh karena itu, pastikan Anda melengkapi semua syarat yang sudah ditetapkan demi kelancaran pengajuan merek ini.

    Call Us
    Chat WA