Permohonan Merek Dagang

Permohonan Merek Dagang Untuk Bersaing Di Pasaran. Di Indonesia atau bahkan luar negeri, jika memasarkan produk namun tidak memiliki merek pastinya akan sangat sulit untuk diterima masyarakat. Ini karena memang fungsi merek adalah untuk membedakan antara satu produk dengan produk lainnya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki produk yang ingin Anda pasarkan pada masyarakat luas, lebih baik segera melakukan permohonan merek dagang. Sehingga nantinya akan menghindarkan Anda dari kerugian tidak melindungi merek dagang.

Fungsi Pemakaian Merek Pada Produk
Merek selain sebagai pembeda antar produk, ternyata juga bisa dijadikan sebagai perluasan branding produk. Merek juga bisa dijadikan sebagai penentu harga pada suatu barang tertentu. Bahkan, banyak juga produk yang dibandingkan antara yang terkenal atau belum terkenal, meski kadang memiliki kualitas sama harganya pasti akan jauh lebih mahal merek yang sudah terkenal.

Permohonan Merek Dagang

Oleh sebab itu, dengan melakukan permohonan merek dagang, merek yang ditawarkan di pasaran akan jauh lebih banyak peminatnya karena anggapan sudah tidak diragukan lagi akan kualitas yang dibawa oleh merek tersebut. Tipe masyarakat juga banyak yang tidak meragukan suatu produk karena merek yang sudah memiliki nama besar.

Banyak juga para pengusaha baru yang lebih memilih membuka franchise atau menggunakan nama usaha yang lebih dahulu terkenal agar usahanya laris. Kadang meski biaya yang terhitung banyak, para pengusaha ini seolah tidak berpikir panjang. Ini juga karena anggapan franchise yang mereka pilih sudah terkenal dan pasti laris.

Ketahui Cara Permohonan Merek Dagang Yang Membuat Pengajuan Nama Merek Ditolak

Sebelum seseorang mengajukan permohonan terkait merek dagang ini, akan lebih baik jika memeriksa database pihak yang biasanya berwenang dalam pengurusan merek dagang. Ini untuk mengecek apakah merek yang akan dikonfirmasikan tersebut sudah terpakai apa belum.
Nah, jika nama yang Anda bawa tersebut sudah ada yang mendaftar, jangan langsung berputus asa. Jika hanya masih diajukan saja, Anda masih memiliki peluang untuk mendaftarkan nama merek tersebut dengan melengkapi syarat-syarat untuk selanjutnya mengajukan tanggal untuk penerimaan.

Permohonan Merek Dagang produk

Meski produk dengan nama tersebut juga lebih banyak kemungkinan untuk ditolak, ada lagi beberapa hal yang perlu Anda ketahui kenapa merek dagang bisa ditolak.
1. Kesamaan merek yang diajukan. Sebagai contoh saja misalnya pihak A sudah terdaftar dengan merek TOSERBA, maka jika ada pihak lain yang mengajukan dengan nama hampir serupa hanya berbeda pada penempatan huruf saja misalnya TOWZERBA, TOSYERBA dll, ini akan ditolak.
2. Menggunakan merek pihak lain yang sudah lebih dahulu terkenal.
3. Terkait geografisnya, misalnya merek yang sudah terkenal produk minuman kopi justru digunakan untuk minuman alkohol atau bahan pembuatan roti.
4. Nama merek menyerupai atau mirip sama sekali dengan nama orang yang sudah terkenal. Lebih-lebih jika disertai dengan foto orang tersebut.
5. Lambang merek menyerupai suatu lambang kenegaraan, nama atau bahkan bendera baik itu nasional maupun internasional. (ini terkecuali jika sudah ada persetujuan untuk diijinkan menggunakannya).
Sebagai saran untuk Anda yang akan membuka usaha sendiri, akan lebih baik mencoba mencari merek dagang sendiri. Siapa tahu, jika merek yang Anda usung tersebut justru bisa bersaing dengan merek-merek yang lebih dahulu beredar di pasaran.

Jangan lupa juga, untuk segera melakukan permohonan merek dagang pada pihak yang berwenang agar merek dagang Anda memiliki hukum kuat. Jika ada pihak yang mencoba membuat masalah dengan merek dagang Anda, maka dengan memiliki ijin merek dagang tersebut, kasusnya bisa Anda selesaikan melalui jalur hukum.

    Call Us
    Chat WA