Pentingnya Kekayaan Intelektual Dalam Dunia Bisnis

Pentingnya kekayaan intelektual dalam dunia bisnis. Mengingat kepemilikannya bisa membuat siapapun melindungi produk barang maupun jasa yang diciptakannya untuk jangka waktu tertentu.

Pentingnya Kekayaan Intelektual Dalam Dunia Bisnis

Selain itu, kepemilikan HKI dapat menjamin produk barang maupun jasa yang diciptakan terhindar dari beberapa resiko seperti berikut:

a. Penyalahgunaan hak paten, hak cipta, hak merek, maupun HAKI lainnya oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan merugikan pemilik hak secara materi maupun moral.
b. Menghindarkan pemilik hak kekayaan intelektual dari resiko plagiarisme yang dilakukan oleh orang lain yang kebetulan memiliki ciptaan di bidang yang sama.
c. Menghindarkan produk barang maupun jasa yang telah diciptakan dari resiko penurunan nilai ekonomi, sehingga produk yang bersangkutan tetap diminati masyarakat ketika diluncurkan di pasaran.

Dengan berbagai manfaat diatas, tentu Anda bisa mengerti mengapa pendaftaran HAKI menjadi kebutuhan yang sangat penting di dunia bisnis.

 

Pentingnya Kekayaan Intelektual Dalam Dunia Bisnis

Berikut adalah data yang perlu dikumpulkan secara umum sesuai dengan bidang yang sedang digeluti:
 Jumlah produk di bidang serupa yang sudah memiliki HAKI, sebagai contoh saat Anda ingin mendaftarkan hak terkait produk makanan beku, Anda harus mencari daftar produk di bidang yang sama untuk menghindari kesamaan nama brand sehingga Anda bisa mendaftarkan hak tanpa masalah.
 “Valuation” atau nilai dari produk yang Anda miliki, sehingga Anda sadar betul apakah produk yang bersangkutan layak diajukan untuk mendapatkan HKI. Dalam hal ini, akan lebih baik jika Anda meminta bantuan konsultan merek kami.

Dengan bantuan dari konsultan KI kami, Anda bisa meminimalisir kemungkinan terlibat tindak pidana yang merugikan di kemudian hari. Semoga dengan bahasan diatas, Anda lebih memahami tentang kekayaan intelektual.

    Chat WA