Pengertian Desain Industri Dan Contohnya

Pengertian desain industri dan contohnya – pernahkah anda semua mendengar tentang pengertian desain industri dan contohnya ? Jika belum maka Anda bisa mengamati sekilas tentang hal ini dengan membaca uraian kami di bawah ini. Berkembangnya ranah kehidupan ekonomi yang semakin mempengaruhi kepribadian sosial budaya juga bisa merambah bidang lain seperti dalam bidang perdagangan. Sektor perdagangan yang erat kaitannya dengan sektor industri inilah yang dapat menghasilkan berbagai jenis produk yang menjanjikan.

Persaingan yang sering terjadi dalam hal ini biasanya sering membuat para pelaku yang ada di dalamya saling berkompetisi yang tak jarang malah saling menjatuhkan dengan adanya plagiarisme. Oleh karenanya, selain dituntut aktif dan kreatif untuk menghasilkan berbagai karya baru, sebaiknya Anda bisa melindungi desain industri Anda dengan baik agar tak mudah ditiru oleh orang lain. UU. Nomor 31 tahun 2000 yang menyinggung masalah Desain Industri dan juga UU. No 15 tahun 2001 tentang merek dagang.

Pengertian Desain Industri Dan Contohnya

Pengertian desain industri dan contohnya akan mencoba memperjelas wawasan Anda tentang masalah yang satu ini.

Desain industri sendiri secara harfiah adalah suatu bentuk baik terdiri atas gabungan garis maupun warna yang bisa berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi sehingga memiliki suatu nilai estetis dan dari hal ini dihasilkanlah jenis produk maupun barang yang bisa merambah dunia industri, kerajinan, dan sebagainya. Desain industri ini akan diberikan bila sesuai permohonan, dan setiap permohonan akan memiliki unsur – unsur yang tentunya sama.

Untuk jangka waktunya sendiri/ jangka waktu perlindungan adalah diberikan untuk kurun waktu yang cukup lama, sekitar 10 tahun. Isi permohonan yang dapat dicantumkan yaitu meliputi tanggal, bulan, tahun serta surat permohonan, kemudian yang tak kalah penting masalah nama lengkap, serta kewarganegaraan Anda pula. Kemudian bila perlu adalah nama dan alamat kewarganegaraan dari pemohon yang akan meminta haknya, tentu saja setelah ada perjanjian dengan baik antara pendesain dan pemohon sehingga tidak akan terjadi sengketa pada perjalanan ke depannya.

Setelah dalam jangka waktu 10 tahun ini sudah selesai, maka pihak pendesain seharusnya bisa memperpanjang lagi pendaftaran hak patennya, hal ini akan berguna agar bisa menambah masa hak paten lagi agar selalu tetap menjadi haknya. Bila tidak, maka hak paten ini bisa berpindah tangan dan diakui oleh pendesain yang lainnya.

Desain Industri Dan Contohnya

Contoh Desain Industri
Bidang industri yang makin berkembang dengan pesat dapat memunculkan komoditi – komoditi baru yang tentunya perlu untuk Anda lindungi lisensinya. Diantara banyak produk itu dapat diambil contoh beberapa, misal desain industri dalam bidang kerajinan maka akan dihasilkan gerabah multifungsi dengan ukiran unik yang tak biasa yang di desain langsung oleh si pendesain sehingga memiliki suatu bentuk yang khas.

Kemudian misal contoh desain industri pada bidang otomotif, maka perusahaan yang berperan sebagai pihak pendesain ini akan membuat bentuk jok motor khusus yang hanya perusahannya yang boleh mengeluarkan jenis desain jok yang seperti itu, jadi jika ada pihak luar yang berusaha untuk mencontoh desain maka harus meminta ijin terlebih dahulu kepada perusahaan otomotif tersebut selaku pihak pendesain. Contoh lain dari desain yang perlu hak paten misalnya konsep suatu game.

Memang hal ini seperti tak kasat mata, namun game ini justru merupakan salah satu desain yang riskan bila tidak ada yang membuat lisensinya.
Demikianlah sedikit ulasan yang coba kami paparkan pada Anda seputar pengertian desain industri dan contohnya semoga dengan membaca ulasan ini bermanfaat bagi Anda.

    Chat WA