Pendaftaran merek dagang

Pendaftaran merek dagang sangat penting dilakukan agar tak memiliki resiko nama brand anda dikalim orang dikemudian hari. Akan sangat tidak menguntungkan jika Anda memakai nama brand yang tidak sah di mata hukum. Tak ada yang dapat Anda lakukan jika produk Anda diklaim oleh orang lain.

Padahal manfaat Pendaftaran merek dagang sangat banyak dan demi keselamatan nama bisnis Anda. Orang lain tak akan mungkin bisa mengambil hak paten yang telah Anda daftarkan. Sehingga akan sangat rugi sekali jika Anda tak melakukan pendaftaran merek dagang. Kerugiannya yang dapat Anda tanggung seperti yang tersebut di bawah ini.

Pendaftaran merek dagang brand

 

Kerugian Jika Menunda Atau Tidak Melakukan Pendaftaran Merek Dagang.

Ada banyak sekali kerugian yang akan Anda dapatkan jika merek dagang dari usaha atau layanan Anda tidak terdaftar. Inilah kerugian Anda menunda mendaftarkan merek untuk mendapatkan perlindungan hukum.

1. Ketika brand diklaim orang lain Anda tak dapat mengambil tindakan apapun
Dalam suatu usaha baik layanan jasa ataupun dagang produk tertentu maka akan banyak sekali persaingan dagang. Jika merek yang Anda pakai belum melakukan pendaftaran merek dagang secara resmi maka bisa saja orang lain lebih dulu mendaftarkan merek dengan nama yang sama dan Anda tidak bisa mengusut hal ini.

2. Tidak memiliki eksklusivitas terhadap nama, Anda atau simbol merek dagang
Jika merek Anda belum melakukan pendaftaran secara resmi akan berdampak kurang baik untuk usaha Anda yakni, Anda tak mungkin bisa memiliki eksklusivitas terhadap nama dan logo merek dagang Anda. Sudah barang tentu orang yang lebih dulu mendaftarkan merek dagang dengan nama yang sama adalah lebih berhak dari Anda.

3. Nama brand ilegal
Jika pendaftaran merek tidak Anda lakukan maka Anda sudah dicap sebagai jasa atau produk yang ilegal. Nama brand sebaiknya dipatenkan dan memiliki sertifikat berbadan hukum sehingga bisa menjadi nama merek yang legal dan dilindungi oleh badan hukum.

4. Tidak bisa memenangkan tuntutan hukum
Jika Anda tak melakukan pendaftaran merek sudah pasti Anda akan kalah jika melakukan tuntutan hukum terhadap orang lain yang mengklaim merek yang sama dengan perusahaan Anda. Mereka telah terdaftar resmi memiliki izin hak paten menggunakan merek tersebut sedangkan Anda tidak memiliki izin tersebut.

5. Orang lain tak ingin bekerjasama dengan Anda
Jika anda tidak melakukan pendaftaran merek dagang maka orang yang menjadi pelanggan tidak merasa aman dan tidak nyaman jika brand yang Anda gunakan belum terdaftar resmi. Mereka takut bekerjasama dengan Anda dan menuai banyak masalah karena merek dagang yang Anda gunakan masih ilegal.

Pendaftaran merek dagang

 

Kelima hal di atas membuktikan bahwa akan banyak sekali kerugian yang akan Anda dapatkan jika Anda masih kekeh untuk tidak mendaftarkan merek dagang atau menunda Pendaftaran merek dagang yang Anda miliki. Mulailah memikirkan keuntungan apa saja yang akan Anda dapatkan jika Anda segera melakukan pendaftaran merek dagang Anda dan segera hubungi konsultan HKI kami.

    Call Us
    Chat WA