Pendaftaran hak cipta

Pendaftaran hak cipta tentunya hanya dapat dilakukan oleh pihak yang bersangkutan dengan pembuatan hak cipta serta layanan jasa yang tentunya dapat membantu proses pendaftaran tersebut. Sebelum membicarakan proses pendaftaran dari hak cipta dengan lebih jauh, akan lebih baik apabila Anda mengenal apa yang disebut dengan hak cipta itu sendiri. Berikut penjelasannya :

Apa itu hak cipta?
Hak cipta dikenal sebagai bentuk hak ekslusif yang diberikan untuk pencipta atau bahkan penerima hak guna mengumumkan atau pun memperbanyak hasil karya ciptaannya. Dengan kata lain, hak cipta digunakan tanpa mengurangi batasan untuk menuntut dari setiap peraturan yang ada. Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa hak cipta itu merupakan hasil karya dengan bentuk khas serta menggambarkan keaslian dari konsep di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, juga seni serta sastra.

Pendaftaran hak cipt produk

Selain itu pencipta itu sendiri dapat terdiri dari seseorang atau bahkan beberapa orang yang secara bersama-sama menghasilkan karya atau ciptaan dari kemampuan pikiran yang dimilikinya kecepatan, imajinasi, keterampilan, serta keahlian yang kemudian dituangkannya dalam bentuk yang khas.

Fungsi dari pendaftaran hak cipta :

Jika dilihat berdasarkan peraturan yang ada di Indonesia, hak cipta memiliki beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan apabila melakukan proses pendaftaran hak cipta terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan dari fungsi hak cipta tersebut, diantaranya :

1. Sama halnya dengan penjelasan di bagian atas tadi fungsi pertama hak cipta berkaitan dengan hak ekslusif yang dapat digunakan untuk mengumumkan atau pun memperbanyak hasil ciptaannya dengan cara otomatis, apabila ciptaannya telah dilahirkan dengan tidak mengurangi atau menerapkan pembatasan yang sesuai dengan aturan yang ada.
2. Baik pencipta atau bahkan pemegang dari hak cipta, entah itu hasil karya sinematografi atau pun program komputer, tentunya memiliki hak guna memberikan izin atau pun melarang pihak lain yang tanpa persetujuannya menyewakan hasil ciptaannya dengan tujuan atau pun dalam hal mengambil keuntungan komersil.

Ciri-ciri dari hak cipta :
Selain fungsi yang dimilikinya di bagian atas tadi, hak cipta juga memiliki beberapa ciri khusus, yang diantaranya terdiri dari :

• Batas waktu perlindungan dari hak cipta yang diberikan seumur hidup, dengan tambahan waktu selama 50 tahun apabila pemegang dari hak cipta telah meninggal dunia.
• Hak cipta pada dasarnya diperoleh secara otomatis, atau tidak ada bentuk kewajiban untuk melakukan pendaftaran. Namun demi kepentingan dari pihak pencipta atau pun pemegang hak cipta, maka keberadaan dari surat pendaftaran hak cipta pun menjadi bagian penting, utamanya apabila terdapat bentuk permasalahan hukum yang dapat saja timbul di kemudian hari. Dengan keberadaaan dari surat pendaftaran tersebut, maka alat atau bukti awal pun dapat digunakan sebagai penentu siapa kiranya pencipta atau pemegang dari hak cipta yang dikenal lebih berhak dari hasil karya ciptaannya tersebut.
• Bentuk pelanggaran, seperti pada bagian yang telah disalin dengan cara instansif, atau memiliki bentuk kesamaan kemudian diperbanyak, serta diumumkan tanpa adanya izin dari pemilik hak cipta.
• Sanksi pidana juga akan diberikan jika terbukti terdapat kesalahan, seperti halnya melakukan pelanggaran akan hak cipta, maka bentuk hukuman yang dikenakan pun umumnya maksimal selama tujuh tahun penjara serta denda sebanyak lima milyar.
• Bentuk perlindungan, hal yang satu ini menjadi bagian penting, utamanya dalam bidang ilmu pengetahuan, kemudian seni serta karya sastra. Selain itu buku ceramah, kemudian musik, atau bahkan program komputer dan lainnya pun juga dapat dijadikan sebagai bagian tepat yang wajib untuk dilindungi.
• Kriteria dari benda serta hal-hal yang umumnya memperoleh bentuk perlindungan dari hak cipta dengan menggunakan ciptaannya yang asli.

Pendaftaran hak cipt

Sifat-sifat dari hak cipta :
Hak cipta memiliki beragam sifat berbeda, yang tentunya berperan penting pula dalam proses pendaftaran hak cipta. Ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

1. Pencipta serta pemegang dari hak cipta memiliki wewenang untuk memberikan izin atau bahkan melarang pihak lain menggunakan hasil karya ciptaannya dengan menggunakan bentuk persetujuan .
2. Sistem pewarisan .
3. Sistem wasiat .
4. Sistem hibah .
5. Bentuk perjanjian tertulis atau bahkan sebab lain yang tentunya dibenarkan oleh aturan perundang-undangan.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari hak cipta serta pentingnya melakukan pendaftaran hak cipta untuk melindungi hasil karya yang Anda miliki.

Chat WA