Nama yang cocok untuk online shop

Nama yang cocok untuk online shop perlu dipertimbangkan sejak awal oleh pemilik online shop agar keberlangsungan online shop yang bersangkutan tanpa masalah dalam jangka waktu lama. Namun demikian, ketika memilih nama yang cocok umumnya ada beragam hal yang perlu dipikirkan, seperti:

Nama yang cocok untuk online shop

a. Tingkat kecocokan nama dengan produk online shop yang akan dijual, karena jika produk yang dijual berasal dari distributor resmi produk, maka ada kemungkinan nama online shop perlu mencantumkan nama distributor atau produk yang bersangkutan dan bukan nama penjual.

b. Jenis atau sistem pemasaran yang ingin diterapkan oleh online shop. Untuk hal ini, model pemasaran yang akan ditempuh umumnya akan menggunakan media sosial maupun website turunan dan karena itu, akan lebih baik jika nama yang digunakan mengandung keyword yang bisa terus diulang dalam artikel pendukung dan masuk dalam mesin pencarian browser.

c. Nama yang digunakan akan terlihat seperti nama yang pasaran atau tidak. Hal ini karena nama yang pasaran akan membuat kredibilitas toko dipertanyakan konsumen. Terlebih ketika toko yang memiliki nama serupa ternyata merupakan toko palsu yang sengaja dibuat untuk melakukan kejahatan online.

d. Kesesuaian nama dengan logo yang ingin dipasang dalam website. Meski hanya secara online, pemilihan nama yang cocok untuk online shop perlu disesuaikan dengan model logo yang akan dipasang. Dengan begitu, maksud dan tujuan pemilik toko online dalam mendirikan usahanya bisa dipahami dengan baik oleh konsumen.

Nama yang cocok untuk online shop baju

Setelah memperhatikan hal-hal diatas, kira-kira darimana Anda bisa mendapatkan inspirasi nama yang cocok untuk online shop milik pribadi? Bagaimana pula usaha yang perlu Anda lakukan untuk mempertahankan nama sekaligus usaha online yang Anda rintis? Untuk menjawabnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Inspirasi nama
Setelah Anda merasa mantap untuk memiliki toko online demi mewujudkan bisnis pribadi, ada beberapa teknik inspirasi nama yang bisa Anda coba, yaitu:

• Menggabungkan inisial atau suku kata nama Anda beserta orang yang terlibat mendirikan bisnis online.
• Mencari nama yang terkesan unik dan memberi dampak positif dari bahasa asing. Umumnya, bahasa yang sering digunakan adalah bahasa Jepang, Jerman, Inggris, Arab, dan Korea.
• Menggunakan nama yang sedikit berhubungan dengan bahan yang digunakan atau produk yang dijual dalam pembuatan toko online. Misalnya saja seperti Rakuten olshop, eBay, maupun nama lainnya.
• Menggunakan nama brand produk yang dijual ke masyarakat sebagai nama online shop.

Tips mempertahankan toko online

Setelah Anda menemukan nama yang cocok untuk online shop, ada beragam hal yang tetap harus Anda lakukan untuk mempertahankan toko online yang sedang dirintis.

• Memasukkan latar belakang toko online
Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjamin kredibilitas dan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada online shop yang Anda miliki adalah memasukkan latar belakang atau bahasan tentang Anda sebagai pemilik online shop. Halaman larat belakang atau company profile ini umumnya bisa berisi lokasi kantor, crew online shop, dan lainnya.

• Memasukkan deskripsi produk secara jelas
Ketika Anda sudah menemukan nama yang cocok untuk online shop, jangan lupa untuk memasukkan deskripsi produk yang dijual secara jelas. Dengan begitu, konsumen paham jenis produk apa yang ingin Anda tawarkan dan seperti apa keunggulannya jika dibandingkan dengan produk serupa dari online shop lain. Jika produk yang Anda jual berupa pakaian, Anda bisa membuat deskripsi yang berkaitan dengan warna, ukuran, dan stok.

Nama yang cocok untuk online shop makanan

• Memperbarui artikel pendukung berkala
Ketika Anda memiliki website online shop, perhatikan artikel pendukung yang mengulas beragam aspek dari produk yang Anda tawarkan. Artikel pendukung ini juga sebaiknya diperbarui setiap 2 atau 3 hari sekali untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada produk Anda. Sebagai contoh saat Anda menjual produk makanan kering, Anda bisa membuat artikel yang berhubungan dengan khasiat bahan makanan kering Anda, nilai gizi produk makanan, cara konsumsi produk, dan bahasan lainnya.

• Memberi tautan pemasaran ke beragam media
Agar sistem pemasaran yang Anda lakukan terpantau lancar, pastikan Anda memberikan tautan website online shop ke media sosial official. Dengan memiliki tautan tersebut, pangsa pasar yang Anda tuju menjadi lebih luas dan perencanaan branding lebih mudah dilakukan.

• Memberi pemahaman sistem transaksi secara jelas pada konsumen
Ketika Anda memiliki toko online, pastikan Anda mencantumkan sistem transaksi yang bisa dipahami konsumen ketika konsumen ingin membeli produk dari website Anda.

• Kebijakan toko online
Agar toko online yang Anda bangun terkesan profesional dan dipercaya konsumen, akan lebih baik jika Anda menyertakan halaman yang berisi kebijakan online shop. Disini, Anda bisa mengisinya dengan beragam peraturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh konsumen. Semoga dengan bahasan ini, Anda mampu memiliki persiapan yang matang saat membuka usaha online selain menemukan nama yang cocok untuk online shop.

    Chat WA