Nama yang bagus untuk usaha

Nama yang bagus untuk usaha perlu Anda pertimbangkan baik-baik agar perjalanan usaha yang Anda rintis tidak mengalami banyak rintangan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membangun nama yang berkualitas untuk usaha yang Anda.

Unik dan menarik
Agar nama usaha yang Anda bangun cepat dan mudah dikenali oleh konsumen, cobalah mensortir nama-nama yang terdengar unik dan tidak biasa. Anda bisa menggunakan nama inisial, perpaduan dengan bahasa asing, atau jenis nama lain yang sekiranya mencerminkan salah satu produk yang Anda jual meski tidak terlalu berhubungan. Misalnya saat Anda memiliki usaha yang bergerak dalam bidang makanan dengan menu andalan ayam, Anda bisa mencoba nama “spy chick” yang mungkin jika diartikan biasa hanya akan berarti ayam mata-mata padahal yang dimaksud sebenarnya adalah spicy chick atau ayam pedas.

Nama yang bagus untuk usaha

Jangan berlebihan
Ketika Anda ingin meningkatkan penjualan produk dengan menyesuaikan pilihan nama yang bagus untuk usaha, pastikan untuk tidak menggunakan nama yang berlebihan atau terkesan “alay.” Nama yang terdengar berlebihan bukan tidak mungkin akan menurunkan penjualan yang Anda miliki dan menimbulkan kesan yang negatif.

Sesuai dengan segmen pasar
Ketika Anda memilih nama yang bagus untuk usaha dan terkesan profesional, tetap sesuaikan dengan segmen pasar yang Anda tuju. Menyesuaikannya dengan segmen pasar akan membantu Anda mempercepat penjualan produk yang dimiliki. Sebagai contoh ketika sasaran konsumen yang ingin Anda tuju dalam membuka sebuah usaha makanan adalah masyarakat umum maupun turis asing yang menyukai makanan Jepang di Indonesia.

Anda bisa mencoba mencari nama Jepang yang memberi arti lezat, enak, atau makan sampai puas. Dengan begitu, konsumen yang datang mencoba produk Anda merasa senang dan paham dengan maksud nama yang ingin Anda jadikan brand.

Sesuai dengan jenis produk yang dijual
Ketika Anda ingin membuka usaha di bidang tertentu dan memberi usaha tersebut nama, pastikan dulu bahwa nama yang akan Anda pakai setidaknya sesuai dengan produk yang akan dijual. Dengan begitu, selain branding, Anda bisa memperkenalkan produk andalan yang Anda jual secara tidak langsung. Misalnya saja saat Anda mencoba membuka butik yang didalamnya banyak produk untuk kalangan wanita berhijab, Anda bisa mencoba memadukan nama Anda pribadi dengan kata hijab sebagai nama usaha, seperti “Raya Hijab Olshop,” “Sabrina Pashmina,” atau alternatif nama lainnya.

Nama yang bagus untuk usaha makanan

Pilihan nama yang bagus untuk usaha adalah nama yang netral dan tidak membawa isu sara maupun politik.

Dengan demikian, nama yang Anda pilih tidak akan membawa masalah di masa depan. Jika Anda merasa bingung memilih jenis nama seperti apa yang netral, Anda bisa mencoba browsing di internet atau bertanya pada ahli di bidang penamaan usaha.

Jangan pakai nama idola
Ketika Anda mengidolakan seseorang, jangan pernah menggunakan nama idola tersebut untuk mempopulerkan usaha yang Anda bangun. Selain hal ini memiliki dampak negatif karena kebanyakan orang pasti akan mengira bahwa toko yang Anda miliki adalah usaha milik idola yang bersangkutan. Menggunakan nama toko idola tanpa izin juga akan membuat Anda tersangkut masalah kriminal.

Jangan membawa nama instansi atau kolega usaha
Hampir sama dengan tips diatas, akan lebih baik jika nama yang Anda bangun untuk mulai memperkenalkan usaha adalah bukan nama instansi atau kolega usaha. Hal tersebut perlu Anda perhitungkan meskipun Anda memiliki kerjasama tertentu dengan pihak instansi atau kolega yang bersangkutan. Selain membuat konsumen bingung dengan status usaha yang Anda miliki, ada kemungkinan Anda akan melanggar Undang Undang yang mengatur tentang penggunaan dan pendaftaran nama dagang.

Nama yang bagus untuk usaha baju

Nama yang motivatif
Ketika Anda ingin usaha yang Anda bangun dikenal masyarakat luas, cobalah menggunakan nama penuh motivatif sebagai nama yang bagus untuk usaha. Misalnya saja saat Anda membangun usaha di bidang garment, Anda bisa menggunakan nama perpaduan dari beberapa kata seperti PT Bangun Bersama Sejahtera, dimana makna yang ingin ditunjukkan ke konsumen adalah membangun usaha bersama-sama antara founder dengan para karyawan akan membuat orang-orang yang tergabung dalam PT tersebut maupun konsumennya sejahtera.

Setelah memperhatikan beragam hal diatas, ada beragam hal lain yang perlu Anda perhatikan agar nama yang bagus untuk usaha pilihan pribadi tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

a. Nama usaha yang dipilih sudah terdaftar secara resmi di departemen terkait, ada bukti pendaftarannya, dan perbaruan izinnya selalu diurus dengan baik.
b. Nama usaha yang digunakan tidak memiliki kemiripan dengan nama yang dimiliki oleh perusahaan lain di bidang yang sama, baik di lokasi yang sama maupun lokasi yang berbeda. Dengan demikian, tidak akan ada tuntutan hukum yang akan dihadapi di kemudian hari.

    Chat WA