Nama merek unik

Nama merek unik dan mudah diingat akan memberikan kesan positif kepada para calon pembeli. Melalui nama brand yang memikat, produk atau jasa yang ditawarkan akan semakin mudah untuk dipasarkan. Namun tidak semua pebisnis tepat dalam memilih nama brand yang di launching ke pasaran. Salah satu dampaknya yang paling signifikan adalah produk atau jasa yang ditawarkan akhirnya tidak meledak di pasaran karena strategi optimalisasi nama brand yang kurang maksimal.

Nama merek unik

Oleh sebab itu, agar penjualan semakin terdongkrak, Anda tidak bisa asal-asalan dalam memilih nama. Usahakan agar nama tersebut impressive dan menarik minat seseorang untuk membeli.

Mau tau bagaimana cara mendapatkan nama merek unik dengan cepat? Yuk simak tahapannya!

Lakukan Riset
Riset adalah tahap penting yang harus dilakukan sebelum merilis nama merek unik ke publik. Lakukan riset atau penelitian secara mendalam baik itu dengan cara online maupun offline di lapangan. Penelitian yang dilakukan secara online bisa Anda lakukan dengan mencari nama-nama produk yang sama dengan produk atau jasa yang Anda sediakan. Kumpulkan beberapa referensi lalu seleksilah beberapa yang paling menarik minat masyarakat. Setelahnya, temukan apa yang membuat nama tersebut unik dan mampu menarik perhatian konsumen yang akhirnya menarik atensi para pembeli untuk ingin mendapatkan produk tersebut.

nama merek unik arab

Ada Korelasi Antara Nama dan Produk atau Jasa yang Dijual
Ya, korelasi ini penting untuk memudahkan para calon pembeli untuk tahu apa produk atau jasa yang Anda tawarkan. Korelasi bisa berupa nama produk yang deskriptif artinya sesuai dengan nama produk yang dijual lalu menambahkan sedikit embel-embel di belakangnya agar terkesan unik, semisal Soto Lamongan, Pecel Madium, Bakso Mercon, dan sebagainya. Jadi, setelah seseorang membaca apa produk atau jasa yang Anda jual, merek akan langsung “ngeh”, paham betul apa yang Anda tawarkan.

Saat mereka ingin makan siang, segera mereka akan mengunjungi warung Anda yang memang secara nama menyediakan kebutuhan tersebut. Selain dengan cara deskriptif, cara lain dalam mencari nama merek unik adalah dengan nama singkatan, seperti MSI, Nassa, JNE, J&T dan sebagainya. Anda pun bisa mendapatkan nama yang filosofis, dalam namun tetap menarik meski tidak ada hubungan secara langsung dengan produk atau jasa yang Anda jual, seperti Nike. Dan masih banyak lagi cara untuk mendapatkan nama merek unik yang bisa Anda terapkan.

Nama Brand yang Singkat dan Familiar
Sering kali, pebisnis pemula menggebu-gebu ingin memberikan nama yang deskriptif, mencakup semua fungsi informatif yang ingin disampaikan kepada calon pelanggan. Akhirnya, nama yang dipilih pun sangat panjang dan berusaha untuk memberikan nama yang keren dengan mengambil nama-nama dalam bahasa asing. Paham kah calon pembeli? jawabannya tentu tidak!. Mereka mungkin paham tapi malas untuk mengingat.

nama merek unik luar negri

Alhasil, produk Anda pun akan terlupakan begitu saja. Untuk itu cari nama merek unik yang singkat, padat dan berisi dengan panjang maksimal 3 suku kata saja. Pakailah bahasa setempat atau jika ingin memberikan nama yang agak keren pakailah bahasa asing namun yang mudah diingat dan gampang dipahaminya.

Nama Brand Mudah Diucapkan
Nama merk dagang yang sulit diucapkan besar kemungkinan akan ditinggalkan. Pastikan bahwa nama merek unik tersebut mudah untuk dipahami, mudah untuk dibaca, dan mudah untuk diucapkan. Coba Anda pikirkan saat nama merk unik yang Anda pilih tersebut susah untuk diucapkan, jadinya saat akan menginformasikan kepada pihak lain untuk meminta membeli produk tersebut pun akan kesulitan, mengingat untuk mengucapkannya saja sudah susah.

Ada Korelasi antara Nama Brand dan Logo
Ini penting, saat Anda menjual produk makanan, maka nama makanan dan logo harus relevan. Jangan sampai saat produk yang Anda jual adalah makanan tapi logo yang Anda tampilkan adalah logo otomotif. Begitupun saat Anda menjual produk otomotif, maka logo dan nama yang Anda gunakan pun harus sesuai.

Cek Nama di Mesin Pencari
Agar nama merk unik tersebut terjamin keunikannya, pastikan Anda telah melakukan survey di mesin pencari dan belum ada satupun yang menjual barang dengan nama yang Anda gunakan. Ini akan menambah sisi orisinalitas pada bisnis yang Anda sedang jalani saat ini.

Chat WA