Modal usaha toko kosmetik

Modal usaha toko kosmetik akan kami bahas berikut ini. Bagi anda yang berkeinginan untuk membuka usaha toko kosmetik tentu berfikir berapa kira-kira modal yang diperlukan untuk memulai membuka toko kosmetik ini. Bisnis toko kosmetik memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Sebab kosmetik merupakan kebutuhan bagi para wanita.

Wanita selalu ingin berdandan cantik, baik di rumah maupun di luar rumah. Bahkan dalam acara pesta, wanita tak tanggung-tanggung untuk memoles diri dengan riasan wajah.

Modal Yang Diperlukan Untuk Membuka Toko Kosmetik
Ada berbagai hal yang perlu anda ketahui sebelum membuka bisnis toko kosmetik seperti perkembangan dunia fasion, pengetahuan mengenai macam-macam kosmetik serta pengetahuan produk-produk kosmetik. Untuk itu Anda perlu melakukan survey dan up date terkait harga kosmetik. Selain itu anda juga wajib tahu tentang standar legalitas kosmetik.

Modal usaha toko kosmetik

Untuk memulai usaha toko kosmetik anda harus mengkonsep tempat toko yang akan dibuka. Alangkah baiknya jika memilih tempat yang strategis di dekat perbelanjaan, area usaha, area dekat usaha lain, pinggir jalan utama, atau area perkantoran. Pastikan pula di tempat yang anda pilih memang selalu ramai dikunjungi orang. Selanjutnya lakukan promo toko anda.

Promosi kini menjadi hal yang sangat gampang, promosi bisa dilakukan dengan cepat dan efisien melalui media online. Pemasangan banner di area sekitar toko kosmetik sangat perlu, agar orang-orang mengetahui toko kosmetik anda. Pemasangan pamflet juga perlu dipasang supaya usaha dan produk kosmetik yang dijual di toko cepat dikenal oleh wanita-wanita di lingkungan sekitar.

Anda wajib tahu terkait harga-harga kosmetik. Sehingga anda bisa mematok dengan harga yang terjangkau. Harga kosmetik sering kali menjadi faktor yang utama perkembangan bisnis anda. Kosmetik selalu berkaitan dengan wanita yang membandingkan harga-harga di toko lain dan mereka akan cenderung lebih memilih produk yang sama dan harga lebih murah.

Anda wajib tahu semua produk yang anda jual di toko anda telah memiliki ijin legal. Karena kosmetik berkaitan erat dengan kesehatan kulit dan sebagai alat untuk mempercantik para wanita. Jika anda menjual produk palsu, maka efek negatif tidak bisa anda pertanggungjawabkan sehingga, akan berpengaruh pada perkembangan bisnis anda.

Modal usaha toko kosmetik wardah

Siapkan modal usaha toko kosmetik yang cukup untuk mulai menggeluti bisnis kosmetik, perhatikan tiga jenis modal yakni, investasi awal, modal operasional, dan modal kerja. Selain itu persiapkan pula gaji para pegawai dengan memperhatikan sistem karyawan. Karyawan anda tak harus berkeahlian khusus untuk bekerja. Berikan pelatihan terkait pengenalan produk dan fungsinya, dan cara-cara melayani konsumen.

Sedangkan, jika toko kosmetik anda dibuka hingga malam hari, sebaiknya menggunakan sistem shift karyawan. Karyawan bisa bekerja berdasarkan waktu bebasnya. Namun jika karyawan lembur, anda tak perlu harus membuat sistem shift. Terkait gaji, berikan gaji dengan menyesuaikan pada Upah Minimum Provinsi. Jika karyawan kerja lembur, sebaiknya diberikan tambahan bonus, terutama pada karyawan yang berhasil telah mencapai target jual yang ditetapkan.

Analisa Modal Awal Toko Kosmetik

Biaya tetap modal usaha toko kosmetik

• Etalase : Rp. 2.000.000
• Kursi : Rp. 350.000
• Rak : Rp. 1.000.000
• Renovasi ruang (listrik dan cat) : Rp. 750.000
• Kursi : Rp. 350.000

Total biaya tetap : Rp. 4.450.000

Biaya tidak tetap modal usaha toko kosmetik
• Pembelian Kosmetik : Rp. 25.000.000
• Sewa tempat : Rp. 500.000
• Listrik dan air : Rp. 100.000
• Telepon : Rp. 100.000
• Biaya lain lain : Rp. 100.000

Total biaya tidak tetap : Rp. 25.800.000

Modal usaha toko kosmetik pixy

Rincian Modal usaha toko kosmetik di atas hanya perkiraan saja, semua tergantung pada kebutuhan calon pemilik toko kosmetik. Lanjutkan dengan melakukan usaha dengan mengandalkan 100% kemampuan anda. Jangan menjalani bisnis dengan setengah-setengah agar bisnis semakin berkembang. Di dalam menjual kosmetik-kosmetik dengan berbagai produk, kita harus memperhatikan kebutuhan para pelanggan.

Sehingga ada baiknya jika anda menjual produk-produk yang lengkap. Sediakan juga contoh kosmetik setiap produk atau tester. Untuk persaingan dagang, jual dengan harga yang murah, agar pembeli senang membeli di toko anda. Anda juga bisa memberikan harga promo pada setiap produk baru yang dijual. Anda juga menyediakan paket hemat supaya harganya lebih hemat sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya.

Dengan begitu, maka toko kosmetik anda menjadi semakin laris dan anda mendapat keuntungan. Kosmetik identik dengan kecantikan dan keindahan wanita. Sebagai seorang pebisnis kosmetik sebaiknya berpenampilan rapi, bersih dan ramah menjadi prioritas utama anda. Tentulah konsumen di toko anda akan lebih senang dengan penampilan yang seperti ini. usahakan jual anda memakai make up yang dijual di toko anda.

Untuk pembelian setiap kosmetik berikan kemasan produk yang unik dan berikan logo pada kemasan agar bisnis anda menjadi lebih dikenal setelah membaca logo yang ada pada kemasan. Hal ini juga termasuk promo produk dan sekaligus kemasan yang bagus memiliki nilai plus di mata konsumen. Terakhir, selain menyiapkan modal usaha toko kosmetik anda juga perlu melakukan perizinan tempat.

Hal ini penting agar anda memiliki ijin resmi pendirian bisnis. Urus perizinan di badan hukum dan notaris. Dan anda tak perlu khawatir, pada saat ijin masih proses anda bisa sembari merintis bisnis toko kosmetik anda.

    Chat WA