Merek dagang

Merek dagang perlu dilindungi dan telah menjadi identitas bagi orang yang mempunyai usaha. Ibaratkan sebuah nama yang menjadi penanda bahwa produk tersebut adalah milik seseorang. Merek dagang menjadi penting karena tanpa adanya hal tersebut orang-orang akan bingung tentang produk tersebut. Lihatlah berbagai produk makanan atau minuman dengan bahan dasar yang sama pasti akan punya nama yang berbeda-beda untuk menandakan siapa pemilik juga merek dagang tersebut akan menjadi ciri khas.

Merek dagang

5 alasan ini kenapa Anda yang mempunyai usaha wajib mendaftakan merek dagang Anda:

1. Peraturan Perundang-undangan
Untuk merek dagang ini telah di atur dalam perundang-undangan yaitu no 15 tahun 2001. Pendaftaran merek dagang di atur ketat dalam undang-undang. Pendaftaran ini ibarat ijin usaha yang akan Anda kantongi selama memproduksi suatu produk. Jika ada yang tidak mendaftarkan merek dagangnya akan mendapat sanksi sesuai yang ada dalam undang-undang.

2. Bukan Produk Ilegal
Dengan adanya merek dagang yang Anda kantongi akan membuat produk yang Anda hasilkan dianggap legal. Jika produk tersebut telah di daftarkan tentu akan punya ijin usaha hingga orang akan semakin yakin dengan produk yang Anda jual. Banyak orang yang meremehkan hal tersebut, terutama usaha kecil yang baru berdiri. Akibatnya orang akan ragu dan tidak tertarik dengan produk yang belum mengantongi ijin usaha.

3. Menghindari Plagiat
Sekarang makin marak penjiplakan atau plagiat akan suatu produk agar dapat bersaing dalam bisnis ekonomi. Apalagi jika produk tersebut laris dan belum punya ijin usaha atau belum terdaftar merek dagangnya. Yang seperti ini rawan akan penjiplakan. Hingga merek dagang sangat penting untuk di daftarkan. Agar Anda yang sudah lelah menghasilkan suatu produk yang bermutu dan bermanfaat, tapi orang lain yang akan menikmati keuntungan dari nama dagang yang dijiplak.

4. Sebagai Identitas
Suatu produk yang mempunyai merek dagang akan punya ciri khas dan identitas akan merek yang disandang. Identitas ini yang akan membedakan antara produk yang satu dengan produk yang lain yang serupa. Orang lain juga akan lebih ingat dengan produk yang mempunyai merek dagang yang unik dan menarik.

Merek dagang luar negri

5. Sumber Keuntungan
Untuk pendaftaran merek dagang memang akan melaui proses yang panjang. Terkadang hal tersebut yang membuat sebagian orang malas untuk mendaftarkan merek dagang mereka. padahal ini adalah hal yang sangat penting. Selain punya nama paten, apabila sudah didaftarkan, Anda akan mendapat keuntungan yang berlipat. Dengan nama tersebut orang yang membeli produk Anda akan lebih familiar dan mudah mengingatnya.

Otomatis akan banyak orang yang datang yang berakibat pada meningkatnya omset penjualan produk Anda. Jika sudah mengalami pelonjakan tentu keuntungan yang akan Anda dapat akan berlimpah dibandingkan saat Anda belum mendaftarkan merek dagang Anda.

Dengan alasan tersebut Anda tidak perlu lagi untuk ragu saat Anda punya produk dan ingin produk Anda dikenal banyak orang. Bayangkan jika Anda tidak bergegas untuk mendaftarkan merek dagang produk Anda, mungkin saja orang yang melihat peluang bagus dari penjualan produk Anda, akan mencuri merek dagang yang Anda punya.
Selain itu dengan adanya merek dagang yang paten tentu Anda akan lebih percaya diri dalam memasarkan produk yang Anda jual. Karena nama adalah identitas dan menunjukkan reputasi suatu produk.

Merek dagang usaha anda baik berbentuk merek barang atau merek jasa sangat perlu untuk dilindungi, silahkan hubungi konsultan merek kami. Merek dagang adalah sesuatu yang dipakai untuk menyebut nama jasa atau produk agar mudah diingat dan disebut oleh para pengguna jasa atau produk tersebut. Akan tetapi tak semua merek yang Anda gunakan aman Anda gunakan. Mengapa demikian? Karena merek yang digunakan belum resmi didaftarkan.
Oleh karena alasan keamanan maka suatu merek yang Anda gunakan untuk jasa dan produk Anda sebaiknya didaftarkan secara resmi kepada badan hukum. Merek yang telah didaftarkan akan aman digunakan, lalu bagaimana kita memilih nama brand yang paling tepat untuk usaha kita?

Cara Memilih Nama Brand Seperti Ini
Manfaat mendaftarkan merek sangatlah banyak namun terkadang kita kesulitan nama brand yang paling tepat untuk usaha kita. Jika Anda kesulitan untuk memilih nama brand yang tepat untuk usaha, Anda tak perlu risaukan karena kami akan membantu Anda dalam memilih nama produk yang paling tepat untuk bisnis Anda.
Cara memilih nama merek yang tepat Anda perlu memilih suatu nama merek yang bagus dan mudah diingat agar produk, layanan atau jasa Anda, mudah untuk dikenal orang dan menjadi populer. Pentingnya memilih nama brand tersebut dalam usaha adalah sebagai pencitraan merek Anda.

Memilih Nama Brand Pilihannya Ada Dibawah Ini
Nama brand Anda merupakan ciri khas yang sangat melekat terhadap ingatan orang nantinya.

Merek dagang dapat memperkuat nilai yang Anda berikan.

4 Cara Untuk Menentukan Nama Brand Layanan Atau Produk. Saat Anda mengembangkan sebuah nama untuk bisnis, produk atau layanan, Anda bisa memiliki sejumlah pilihan seperti berbagai poin di bawah ini.

1. Gunakan nama pendiri perusahaan
Menggunakan nama pendiri perusahaan yang unik dan beda, bukan suatu nama yang sudah pasaran ya. Percuma saja nanti ketika merek didaftarkan akan banyak kesamaan sehingga merek Anda tidak bisa diterima atau di acc.
2. Deskripsi pekerjaan
Pikirkan sebuah nama yang mengacu pada produk atau layanan usaha Anda. Pikirkan sebuah nama yang dapat mewakili gambaran dari bisnis tersebut. Jika terlalu panjang maka Anda bisa mempersingkatnya, yang jelas pilihlah nama yang tidak pasaran namun mudah sekali diingat.
3. Jelaskan nama brand dengan gambar
Nama brand akan lebih berkualitas jika ada logo atau gambar yang mendukung nama usaha Anda. Anda bisa mengambil gambar produk atau jasa agar semakin menarik dna mudah diketahui jika usaha Anda memang bergerak dibidang itu. Gambar bahkan bisa langsung mewakili deskripsi nama brand atau layanan usaha Anda.
4. Ambil kata dari konteks
Nama merek tak perlu terlalu panjang. Nama yang panjang bukan nama yang mudah diingat, bahkan satu kata saja sudah cukup melekat dan mudah diingat oleh para clien atau calon konsumen dari jasa atau produk Anda nantinya. Ambil dari konteks yang mewakilkan jasa Anda.

Penting untuk memutuskan apa arti nama dan wujud usaha Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan perusahaan yang menyediakan layanan penamaan bisnis maka, nama Anda adalah bagian penting agar orang bisa menyebutkan nama produk ataupun layanan Anda.

    Call Us
    Chat WA