Mencari nama merek

Mencari nama merek dagang adalah salah satu faktor penentu apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan akan sukses di pasaran ataukah tidak. Mencari nama merek dagang tidak ubahnya seperti nama yang disematkan pada setiap orang sehingga dengan nama tersebut maka produk atau jasa yang ditawarkan akan mudah diingat dan dikenali, akhirnya calon konsumen pun tertarik untuk membeli.

Saat ini, nama merek yang paling lekat oleh pasar di seluruh dunia baik itu secara online maupun offline adalah seperti mesin pencari raksasa Google, media sosial Facebook, smartphone Android, dan masih banyak lagi. Siapa yang tidak kenal Google, siapa yang tidak tau Facebook, siapa yang tidak memakai Android? Hampir semua lapisan masyarakat kenal akan nama merk dagang tersebut karena fungsi dan juga keunikan namanya.

Mencari nama merek

Tentunya, untuk mencari nama merek yang menarik, Anda harus melakukan riset yang intens dan lama. Anda bisa mendalami kenapa produk atau jasa tertentu begitu populer dan diminati nama merk dagangnya.

Nah, mencari nama merek yang unik dan mencakup pasaran yang luas, bisa didapatkan dengan pertimbangan sebagai berikut:

1. Nama brand Mencerminkan produk yang ditawarkan
Ini adalah poin penting yang harus dipertimbangkan, yaitu sinkronisasi antara nama produk dan produk yang Anda jual. Misalkan produk yang Anda jual adalah makanan ringan, sudah barang tentu tidak cocok jika Anda memberikan nama cushion, fashion dan mode untuk mempromosikan produk tersebut. Cobalah cari inspirasi nama produk yang sinkron dengan barang yang Anda jual dengan melakukan riset terhadap produk atau jasa yang sama dengan yang Anda jual, dan sudah booming di pasaran.

Temukan keunikan pada nama produk atau jasa tersebut lalu dapatkan ide yang cocok untuk nama produk atau jasa yang Anda jual. Adapun kriteria nama produk yang bisa Anda jadikan alternatif adalah sebagai berikut:

– nama brand deskriptif
Pertama, ciri nama brand yang pertama adalah nama deskriptif. Brand yang menggunakan nama deskriptif berarti menjelaskan nama produk atau jasa yang dijual dengan gamblang. Misal produknya adalah teh gelas, maka nama produk nya pun “teh gelas” dengan tambahan embel-embel misalnya “Teh Gelas Lumajang, Teh Gelas Nikmat” dan sebagainya. Ini adalah gambaran jika Anda mencari nama brand yang deskriptif sifatnya. Cara penamaan dengan cara ini nampaknya cukup mudah proses pencariannya.

Mencari nama merek bagus

– nama brand dengan singkatan
Selanjutnya, mencari nama merek dagang berupa singkatan adalah cara yang umum dilakukan. Contohnya adalah nama-nama produk atau jasa yang saat ini sedang booming, misalnya NASSA yang merupakan singkatan dari National Aeronaustics & Space Administration. Beberapa jasa ekspedisi termasuk JNE adalah singkatan dari nama pemiliknya. Jasa ekspedisi ini saat ini sedang sangat populer menemani maraknya pertumbuhan bisnis online saat ini.

– mencari nama yang kreatif
Nama-nama yang kreatif bisa juga berasal dari nama benda yang dijual itu dalam bahasa lain, ataukah nama yang di dapat dengan mendalami makna filosofi yang ingin dicapai dalam proses bisnis tersebut, dan masih banyak lagi. Sebut saja nama propolis yang merupakan produk obat herbal yang dijual untuk mengobati beragam penyakit, ternyata nama tersebut dalam bahasa asalnya berarti “madu” yang ampuh mengobati beragam penyakit. Atau nama Nike yang merupakan istilah yang ada dalam mitologi Yunani dengan makna filosofi yang dalam. Nike jika dilafalkan hanya 2 suku kata, mudah diingat, dan menjual.

Mencari nama merek simple

2. Buat Nama Brand Yang Singkat Maksimal 3 suku Kata
Membuat nama brand yang singkat menjadi alasan nama merk dagang tertentu mudah untuk diingat. Saat Anda memilih nama dagang yang panjang, susah dilafalkan dan tidak familiar di telinga pembaca maka besar kemungkinan nama brand tersebut akan sulit untuk diingat. Paham saja tidak, tau apa produk tersebut pun tidak, darimana calon konsumen tertarik untuk membelinya. Oleh sebab itu, pastikan Anda mencari nama merek dengan mempertimbangkan singkat atau tidaknya suku kata, familier atau tidaknya nama yang diambil, dan mudah diingat ataukah tidak.

    Call Us
    Chat WA