Memulai usaha distro

Memulai usaha distro harus dilakukan dengan penuh pertimbangan, pemikiran dan semangat yang kuat. Distro adalah nama yang sangat dikenal oleh kalangan anak muda. Mengapa tidak? banyak anak muda yang memilih untuk berbelanja segala kebutuhan yang erkait fashion di distro daripada di toko biasa. Distro sendiri sebenarnya adalah sebuah toko yang khusus menjual beragam aksesoris anak muda, diantaranya kaos, jaket, celana, topi, dompet, tas, dll.

Memulai usaha distro

Mereka memilih distro sebagai tempat belanja karena bagi mereka barang- barang yang dijual di distro cukup unik dan limited. Hal ini memang benar adanya karena produk yang ada di sitro biasanya tidak terdapat di toko pada umumnya. Anak muda yang selalu ingin tampil beda memang menjadi sasaran untuk pemilik distro. Melihat fenomena seperti ini, usaha distro ini menjadi peluang usaha yang bagus untuk anda. Siapapun anda tentu dapat membuka bisnis ini termasuk jika usia anda masih remaja.

Untuk anda yang ingin memulai usaha disto ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar bisnis tersebut bisa berkembang dan memberikan keuntungan pada anda.

Pertama yaitu “Modal”. Modal adalah salah satu hal yang menjadi perhatian saat anda ingin memulai sebuah usaha. Bahkan, besar kecilnya usaha juga dapat dinilai dari modal yang dimiliki. Anda yang ingin usaha distro tidak lantas secara langsung mendirikan toko. Anda bisa memulai usaha ini secara perlahan. Sebagai langkah awal, anda dapat bekerja sama dengan distro lainnya sebagai agen. Dari sini, secara perlahan anda dapat menabung hingga nantinya bisa membuka distro sendiri.

Memulai usaha distro kecil

Saat anda masih menjadi agen seperti ini, anda akan mendapatkan pengalaman yang mana hal itu bisa menjadi modal penting untuk anda saat sudah memiliki distro sendiri. Tidak hanya modal saja yang perlu anda persiapkan, hal penting lainnya yang perlu dipikirkan yaitu “Lokasi”. Lokasi distro haruslah strategis, mudah dijangkau dan mudah dalam hal transportasi. Lokasi yang strategis juga akan berdampak pada banyaknya konsumen yang datang pada distro anda.

Untuk itu, anda perlu menentukan lokasi yang tepat sebelum distro didirikan. Jika perlu, lakukan survey terlebih dahulu. Pastikan tempat tersebut ramai seperti di pusat kota, jalan raya atau dekat dengan tempat umum lainnya. Tidak hanya itu, pastikan tempat tersebut juga aman. Selain lokasi yang stretegis, anda juga perlu memastikan bahwa lokasi tersebut sangat ramai oleh anak muda karena mereka adalah target pasar anda. Jika anda membuka distro di lingkungan atau lokasi yang seperti ini, maka distro yang anda dirikan bisa menjadi pusat dan bahkan tujuan mereka.

Setelah memikirkan bagaimana modal dan lokasinya, selanjutnya yaitu bagaimana “Target pemasarannya”. Hal ini perlu anda hitung dengan tepat agar keuntungan bisa dipetakan terlebih dahulu. Distro tentu target pasarnya adalah anak muda. Untuk itu, anda harus pastikan bahwa produk anda memiliki kualitas yang bagus sehingga target pasar anda tidak merasa rugi. Disini, anda juga bisa bertanya pada mereka apa yang diinginkan oleh mereka.

Memulai usaha distro minimalis

Jika perlu, anda bisa menambahkan kotak saran di distro anda untuk menerima beragam masukan dan kritikan dari para costumer. Untuk memperluas target pasar, anda bisa menentukan bagaimana strategi promosinya. Hal ini bisa anda lakukan secara online maupun offline. Maraknya media online saat ini bisa menjadi peluang bagus untuk anda melakukan promosi sehingga produk anda nantinya bisa lebih dikenal. Selanjutnya yaitu “Desain”. Usahakan distro anda memiliki desain menarik dan unik sehingga digandrungi oleh anak muda.

Pastikan desain tersebut belum ada di distro lainnya dan memiliki kesan elegan. Desain inilah nantinya yang menjadi ciri khas dari distro anda. Desain ini juga meliputi sablon yang anda gunakan. Gunakanlah sabln yang berkualitas agar produk anda semakinelegan. Selain itu, anda juga perlu “Menentukan harga” dari produk yang akan anda jual. Harga yang anda pasarkan haruslah sesuai dengan kualitas produk.

Walau demikian, saat distro anda masih tergolong baru, janganlah memasang harga yang terlalu tinggi karena distro anda belum cukup dikenal, yang terpenting adalah anda tidak mengalami kerugian. Setelah produk anda cukup dikenal, harga bisa dinaikkan secara perlahan, namun tetap tergantung kualitas. Untuk memulai usaha distro, anda juga perlu memikirkan “Pelayanan”. Berilah pelayanan terbaik kepara para pembeli.

Hal ini adalah hal yang wajib anda lakukan sebagai pemilik distro, bahkan ketika pun anda sudah memiliki karyawan, anda perlu memberikan briefing kepada mereka betapa pentingnya pelayanan yang baik untuk para costumer. Dengan memberikan pelayanan terbaik, maka pembeli tentunya merasa senang dan puas. Pelayanan bisa menjadi hal yang paling penting. Sekalipun distro anda memiliki kualitas produk yang bagus, namun pelayanan kurang memuaskan, hal ini bisa menjadi penghalang untuk kemajuan distro anda. Jadi, tanamkan hal ini dalam hati anda bahkan sebelum anda memiliki distro sendiri.

    Chat WA