Memulai bisnis clothing dengan modal kecil

Memulai bisnis clothing dengan modal kecil adalah suatu usaha atau bisnis yang tergolong menjanjikan untuk jangka panjang dan prospeknya cukup cemerlang. Setiap tahunnya, bisnis clothing ini semakin berkembang dan mulai banyak inovasi. Inovasi ini biasanya di dapat dari desain baju sehingga hal tersebut menimbulkan keunikan tersendiri dan menjadi daya tarik konsumen. Lebih dari itu, bisnis clothing juga memiliki pangsa pasar yang luas dan tidak terbatas, mulai dari anak- anak, dewasa hingga orangtua.

Memulai bisnis clothing dengan modal kecil

Namun, kebanyakan yang menjadi tujuan para pebisnis yaitu anak- anak muda. Desain tertentu biasanya dibuat limited stock sehingga hal ini semakin menambah rasa penasaran para konsumen, khususnya anak muda yang ingin selalu tampil keren. Untuk itu, banyak para pebisnis clothing yang membuka distro untuk menjual beberapa produknya. Sekalipun bisnis clothing ini tergolong menjanjikan, namun masih banyak orang yang berpikir bahwa bisnis ini sulit untuk dijalankan.

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, dengan modal kecil juga bisa dilakukan. Ada beberapa langkah atau tips yang bisa anda terapkan agar dalam memulai bisnis clothing dengan modal kecil ini bisa tetap lancar. Lebih tepatnya, bisnis akan berkelanjutan, berkembang dan mendapatkan income yang bagus untuk pebisnis. Tips pertama yaitu mengenai “Kekuatan ide”. Sebelum memulai bisnis apapun, anda perlu ide dan konsep.

Hal ini meliputi, bagaimana konsep clothing anda nantinya, misalnya akan bertema pengetahuan, metal, dll. Anda terlebih dahulu harus menguatkan konsep karena hal ini juga akan mempermudah desainer dalam membuatnya. Selain itu, anda juga perlu menggali banyak informasi dan survey secara langsung, apakah konsep anda tersebut sudah digunakan oleh pebisnis lain atau tidak. Jika sudah digunakan, anda harus memberi sisi keunikan sehingga hal tersebut menjadi perbedaan dari produk anda tersebut.

Memulai bisnis clothing dengan modal kecil

Sebaliknya, jika ide anda belum digunakan oleh kompetitor lain, hal ini mungkin bisa menjadi peluang bagus untuk anda coba terapkan. Usahakan ide harus orisinil dan tidak sama persis dengan kompetitor lain karena hal ini akan mengurangi minat para konsumen. Tidak hanya kekuatan ide saja yang dibutuhkan, namun hal lain yang akan mendukung suksesnya bisnis anda di bidang clothing yaitu “Kekuatan produk”. Setiap pebisnis tentu memiliki kekuatan tersendiri pada produk yang dimilikinya.

Kekuatan produk ini juga dapat mempengaruhi minat para konsumen. Hal yang perlu anda garisbawahi adalah, anda tidak hanya menjual desain saja. Desain saja tidak cukup, namun perhatikan juga kualitas dari produk seperti bahan, kualitas sablon, dll. Pilihlah bahan pakaian yang nyaman dipakai oleh para pembeli anda nantinya. Bahan juga awet, tidak mudah rusak sehingga hal ini akan memberikan kesan tersendiri pada pembeli.

Semakin bagus suatu produk, maka pembeli atau costumer anda nantinya yang akan mempromosikannya pada khalayak. Mereka akan mengatakan kepada teman serta kerabatnya bahwa pakaian yang ia pakai membeli di toko anda. Dengan begitu, anda sudah mendapat kepercayaan yang berharga dari costumer dan itu menjadi modal besar untuk majunya bisnis anda ke depan.

Selain dua hal yang sudah disebutkan, memulai bisnis clothing dengan modal kecil ini juga akan tetap terus berjalan dan berkembang jika anda “Memiliki relasi” yang banyak.

Relasi penting untuk sebuah bisnis dan relasi ini juga kebanyakan diperoleh saat bisnis sudah berjalan. Namun, bukan berarti anda tidak mencarinya sejak awal memulai bisnis. Dalam menjalankan bisnis ini, anda harus memiliki relasi seperti penjual kain, penjahit, tukang sablon, desainer dan semua yang terkait di dalamnya. Jika anda memiliki banyak teman, hal ini juga akan berpengaruh pada bisnis anda nantinya terutama dalam hal penjualan.

Langkah lainnya yang sangat penting untuk berjalannya bisnis clothing ini yaitu “Promosi”. Anda juga harus memikirkan bagaimana strategi promosi yang tepat. Saat ini, promosi sudah bisa dilakukan dengan lebih luas yaitu dengan memanfaatkan jaringan internet. Anda bisa mempromosikan produk melalui website, blog, atau memanfaatkan market place yang ada di internet. Promosi juga bisa dilakukan offline misalnya dengan membuka promo- promo secara langsung di toko anda.

Memulai bisnis clothing dengan modal kecil minimal

Itulah beberapa tips untuk anda agar bisnis clothing bisa berlanjut dan berkembang dalam jangka waktu yang lama. Setelah mengetahui tips tersebut, ada beberapa orang yang mungkin sangat ingin sekali berbisnis jenis ini, namun ia terkendala di modal. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa untuk memulai bisnis ini tidka perlu modal besar. Namun, jika dengan modal kecil pun, anda belum mumpuni, anda bisa bergabung dengan teman, kolega ataupun keluarga. Dengan begitu, modal bisnis bisa ditanggung bersama dengan kesepakatan tertentu.

Jika langkah ini anda lakukan, usahakan untuk melakukan beberapa kesepatan di awal seperti pembagian pendapatan, strategi promosi yang akan dijalankan, pembagian job deskripsi juga harus jelas agar tidak menimbulkan hal- hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu, bisnis yang anda jalankan bisa tetap berjalan dengan baik.

    Chat WA