Izin merk dagang

Izin merk dagang nantinya sangat penting untuk mendukung menjalankan usaha. Memiliki merk produk barang dapat menjadi nilai tambah untuk daya jual. Sebagai contoh apabila terdapat 2 botol produk jamu diisi dengan racikan dan kualitas yang sama, maka produk jamu yang diberi merk akan lebih di anggap bernilai kualitasnya dibandingkan dengan produk jamu yang tidak diberi merk.

Maka izin merk dagang sangat penting untuk membuat produk yang kita jual memiliki nilai jual tinggi.

Izin merk dagang

Dengan segera melakukan izin dagang akan lebih bermanfaat dan menguntungkan mengingat banyak pesaing yang bermunculan. Dengan melakukan izin merk juga melindungi jerih payah, waktu dan pikiran Anda untuk menghasilkan suatu produk. Hal ini juga karena memiliki merk pada produk sangat menguntungkan bagi perusahaan Anda.

Merk merupakan kombinasi dari semua tanda, simbol, desain untuk mengidentifikasikan produk barang dari perusahaan, yang menjadikan pembeda bagi produk tersebut dengan produk lain terutama dengan produk kompetitornya. Dengan memiliki merk dagang mempermudah perusahaan untuk mempromosikan produknya setiap waktu, terutama promosi ke konsumen yang menjadi target marketnya.

Bagaimana strategi mengatasi kemunduran merk produk ?
Setelah kita melakukan izin merk dagang maka kita di hadapkan tantangan selanjutnya berupa meningkatnya persaingan dalam dunia usaha perdagangan dengan produk yang sejenis mendorong produsen untuk lebih inovatif dalam memperebutkan kejayaan merk mereka di pasaran.

Dengan semakin banyaknya persaingan akan mengakibatkan merk suatu produk yang tersisih dan menurun. Kejadian ini banyak diakibatkan oleh kurangnya strategi merk yang dipraktekkan. Untuk ini kami akan berbagi beberapa strategi dalam membangkitkan citra merk yang menurun menjadi meningkat lagi di pasaran.

1. Meningkatkan penggunaan merk
Meningkatkan penggunaan merk tidak mengancam para pesaing tetapi dapat berjalan dengan efektif untuk meningkatkan penjualan suatu produk yang berbasis merk. Para produsen akan berupaya mempromosikan kepada para konsumen untuk meningkatkan konsumsinya terhadap produk dengan menggunakan metode-metode pendekatan kepada konsumen sehingga target pasarnya akan meningkat.

Contoh kecap manis merk kecap ABC dengan promosi “berebut manis dan gurihnya kecap” sehingga pasar kecap ABC akan meningkat di pasaran.

Izin merk dagang makanan

2. Menemukan penggunaan baru
Menggunakan identitas baru harus didasari oleh hasil riset pasar yang menunjukkan pelanggan menggunakan merk tersebut. Untuk menciptakan penjualan yang besar maka suatu produk harus dievaluasi dengan cara :

a. Menghitung estimasi biaya eksploitasi produk.
b. Menganalisa pesaing ketika mengambil alih bidang aplikasi melalui peningkatan produk, iklan yang digencarkan dan sarana yang lain.
c. Survei pasar untuk mengestimasi beberapa tingkat potensi pasar.

3. Memasuki pasar baru
Pihak perusahaan harus jeli membaca peluang seperti memasuki pasar baru. Bergerak ke wilayah baru merupakan keputusan yang tepat untuk meningkatkan potensi pertumbuhan produk. Ada beberapa opsi untuk menentukan pasar baru:

a. Memperhitungkan berbagai segmen yang akan dijadikan sasaran.
b. Memperhitungkan segmen pertumbuhan industri yang sedang dalam kondisi merosot.
c. Mengidentifikasi segmen yang tidak dilayani secara baik oleh perusahaan.

4. Memperbanyak produk
Ada beberapa cara untuk meraih pasar yang luas dan berpotensi meningkatkan daya jual yaitu dengan melakukan sesuatu yang ekstra atau berbeda dengan lainnya tentu harus lebih baik, contohnya mengubah desain kemasan menjadi lebih menarik dan mengesankan.

5. Memperluas merk
Memperluas merk yaitu penggunaan sebuah merk yang sudah nyaman pada satu kelas untuk memasuki kelas produk lainnya. Memperluasan merk merupakan strategi alamiah dengan semakin meningkatnya suatu produk maka pihak perusahaan akan berusaha untuk mengeksploitasi asetnya.

Survei sudah menunjukkan bahwa 89% peluncuran suatu produk berasal dari perluasan merk. Akan tetapi dalam proses memperluas merk perusahaan jangan sampai terlalu sering mempromosikan suatu produk sebenarnya tidak penting bagi konsumen.

Merk terkenal dan berkualitas merupakan suatu ukuran ketertarikan pelanggan kepada suatu merk produk. Ukuran tersebut dapat memberikan gambaran mengenai pelanggan untuk tidak mungkin berpindah ke merk lain. Pada kenyataannya kebanyakan pelanggan yang sudah merasa cocok dengan suatu merk, mereka takkan mudah beralih pada merk lain. Pelanggan yang setia biasanya akan melanjutkan pembelian pada suatu produk walaupun di hadapkan dengan berbagai pilihan yang lebih murah atau menarik.

Demikian beberapa strategi untuk mempertahankan nilai jual produk barang dan mampu bersaing dengan produk yang sama dari perusahaan lain. Itulah gunanya kita segera melakukan izin merk dagang apabila kita memiliki produk yang berkualitas dan memiliki nilai daya jual yang tinggi. Karena di luar sana banyak sekali perusahaan yang mempunyai produk yang mirip dengan kita, apabila kita telat melakukan izin merk dagang maka peluang untuk memasarkan merk akan lebih sulit karena pihak pesaing sudah terlebih dahulu mempromosikan produknya.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar membangun dan mengembangkan produk Anda. Tentu dengan melalui izin merk yang akan meningkatkan kualitas dan daya jual produk yang tinggi.

    Call Us
    Chat WA