Ide nama café

Ide nama café bisa berasal dari mana saja asalkan nama yang dipakai mampu menarik perhatian orang untuk mampir ke café Anda. Di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips yang sekiranya bisa membantu Anda mendapatkan ide nama untuk café Anda.

Usahakan simpel dan unik
Nama café tidak perlu panjang-panjang karena tujuan utama Anda adalah orang-orang mampu mengingat nama café Anda. Nama yang simpel justru mudah melekat di ingatan orang. Jadi ketika ada orang lain meminta rekomendasi pada orang yang pernah datang ke café Anda, dalam pikiran mereka akan tercetus nama café Anda. Kalau bisa nama café Anda juga unik agar lebih gampang lagi diingatnya. Contoh nama café yang simpel dan unik adalah Lava Java, Café Urban, Kafe Kekinian, Café Luwak, Royal Café, Le Café, Kafe Tanpa Nama dan lain sebagainya.

Ide nama café menarik

Hindari nama yang berlibat di lidah
Trend café berasal dari negeri barat. Jadi sering kali orang lebih memilih mencari ide nama café menggunakan bahasa Inggris atau Perancis agar sesuai dengan konsep kafe dan juga agar kelihatan keren. Namun hati-hati saat memilih kata. Struktur kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris atau Perancis sangat berbeda. Jadi, lidah orang Indonesia sering kali kesusahan dalam melafalkan kata-kata dalam bahasa asing. Apalagi banyak kata dalam bahasa Perancis yang harus dilafalkan dengan suara hidung yang semakin susah diucapkan bagi yang belum terbiasa. Nama-nama yang susah diucapkan cenderung membuat orang malas mengingatnya apalagi mengucapkannya. Potensi nama café Anda tersebar viral dari mulut ke mulut jadinya akan kecil.

Gunakan nama Anda
Konsep menggunakan nama pribadi sebagai nama usaha dagang sudah terbukti sukses. Contohnya saja banyak warung makanan kaki lima yang terkenal karena menggunakan nama pribadi pemiliknya. Tapi masih jarang kafe yang menggunakan nama pribadi sebagai nama kafe. Mungkin karena nama pribadi bisa membuat nama kafe jadi tidak kelihatan keren. Padahal sering kali nama café dengan bahasa asing malah membuat orang-orang ragu masuk ke dalam karena takut mereka tidak layak berada di dalam.

Penggunaan nama pribadi sebagai nama kafe akan menghapus keraguan orang-orang karena sisipan nama pribadi membuat orang-orang merasa bahwa kafe Anda terbuka untuk siapa saja, tidak eksklusif untuk orang-orang dari kalangan kelas atas saja.

Ide nama café unik

Contoh ide nama café dengan nama pribadi yaitu Kafe Mas Jo atau Jo’s Café.

Gunakan nama lokasi tempat café Anda berada
Kalau Anda kesusahan mencari kata dalam kamus untuk nama café Anda, coba saja pakai nama lokasi tempat café Anda berdiri. Tentu saja cara ini hanya berlaku jika Anda sudah berhasil menemukan lokasi yang tepat. Nama kafe yang disisipkan nama lokasi jadi gampang diingat dan unik. Contoh nama café menggunakan nama lokasi adalah Sudirman Café, Kafe Pondok Bambu, Kafe Bawah Pohon Beringin, Kafe Ujung Tanjakan, dan lain sebagainya.

Gunakan tema café
Kalau café Anda memiliki tema khusus, boleh juga tema tersebut dijadikan nama kafe. Contohnya kafe Anda memiliki tema hewan atau suasana kebun binatang, Anda bisa menggunakan nama seperti Zoo Café atau Kafe Safari. Kalau kafe Anda bertema keluarga, Anda bisa menggunakan nama seperti The Family Bean, Kafe Rumahan, dan lain sebagainya.

Gunakan nama menu andalan kafe
Ide nama café juga bisa diambil dari nama menu andalan kafe Anda. Apalagi kalau menu andalan adalah menu yang Anda ciptakan sendiri. Nama café Anda jelas tidak akan menyamainya. Contoh nama café dari menu andalan yaitu Mocha Café, Kafe Tiramisu, Red Velvet Cafe, Spiced Tea Café, Kafe Bubble Tea, dan lain sebagainya.

Gunakan kata sifat atau kata kerja
Kata sifat dan kata kerja ternyata juga bisa dipadupadankan menjadi nama kafe yang unik. Contoh nama café dari kata sifat yaitu Sweet Delicious Café, Kafe Nikmat, Kafe Sendu, Kafe Ceria, Hot Café, Kafe Melek, Kafe Cinta, dan lain sebagainya.

Gunakan target pengunjung
Setiap pemilik kafe pasti memiliki target siapa yang diinginkannya untuk datang ke kafenya. Umumnya target pengunjung adalah anak-anak muda, para eksekutif, atau karyawan. Dari target ini Anda bisa menggunakannya sebagai nama kafe. Contohnya Anda menargetkan para eksekutif mapan umur 40-50an untuk datang ke kafe Anda, maka Anda bisa memberi nama kafe Anda Generasi X Café yang merupakan julukan untuk orang-orang kelahiran tahun 60-70an.

Ide nama café

Begitu juga jika Anda menargetkan mahasiswa atau kaum dewasa muda maka nama yang cocok adalah Generasi Z Café. Jika Anda menargetkan kaum wanita maka pilihlah nama yang manis, imut dan feminin seperti Bella Café dari kata Belle yang berarti cantik.

Menggabungkan dua konsep ide
Konsep ide nama café juga bisa Anda satukan menjad sebuah nama café yang menarik. Contohnya Lisa Mocha Café, Kafe Rainbow Sudirman, Sweet Generasi Y Café, Cute Homey Café, dan masih banyak lagi lainnya.
Tulislah setiap ide yang Anda dapatkan, lalu cobalah baca nama-nama kafe yang sudah Anda tulis keras-keras. Biasanya ketika ada ide nama yang cocok, insting Anda akan bekerja begitu mendengar suara Anda sendiri melafalkan nama café tersebut. Anda juga bisa membacakan keras-keras di hadapan teman-teman Anda, dan meminta pendapat mereka tentang pilihan Anda. Dari semua cara mencari ide nama café di atas, mana yang menjadi favorit Anda?

    Chat WA