Hki paten

Hki paten untuk merek merupakan asset yang tidak berwujud. Nilai dari sebuah merek mungkin saja akan berlipat ganda dibandingkan nilai bisnis yang sebenarnya. Bahkan perkiraan nilai untuk merek – merek yang sudah terkenal seperti Coca Cola sudah mencapai 50 miliar dollar Amerika. Angka yang sangat fantastis ini tak lain adalah karena konsumen menilai reputasi, merek, citra, dan juga kualitas yang mereka dapatkan ketika membeli atau menggunakan merek tersebut.

Hki paten

Bagi para pelaku usaha yang masih pemula atau start up entrepreneur, menentukan dan memilih merek tidak hanya sekedar menggunakan nama secara sembarangan atau memilih nama sesuka hati tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Pasalnya, merek yang dipilih dengan hati – hati dan tepat akan menjadi asset bisnis yang sangat berharga, terutama jika sudah mendapatkan hki paten. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memilih sebuah merek untuk perusahaan atau produk Anda.

Sesuai Persyaratan Hukum hki paten

Ketika Anda memilih sebuah merek, Anda harus menghindari pemilihan kata – kata yang sangat umum atau mainstream. Sebagai contoh merek keripik tentu akan ditolak untuk produk keripik karena terlalu umum. Demikian halnya dengan merek yang sifatnya menerangkan misalnya Manis atau Gurih, khususnya untuk produk makanan yang rasanya manis atau gurih. Nama merek yang berpotensi menyebabkan kebingungan konsumen juga sebaiknya dihindari, khususnya yang berhubungan dengan kualitas, sifat, atau asal daerah produk tersebut contohnya merek Sapi pada produk margarin.

Tidak Boleh Sama Dengan Merek yang Sudah Terdaftar
Dalam memilih nama untuk merek, para pelaku usaha sebaiknya melakukan penelusuran merek terlebih dulu sebelum mendapatkan hki paten. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa nama yang akan digunakan untuk merek tersebut belum terdaftar atau sedang didaftarkan oleh pihak lain. Anda dapat melakukan penelusuran merek secara mandiri atau menggunakan jasa konsultan.

Merek yang Mudah Diingat
Pada dasarnya fungsi utama dari sebuah merek adalah untuk memudahkan konsumen agar dapat membedakan produk atau jasa dengan produk lainnya dengan mudah. Biasanya konsumen yang merasa puas terhadap suatu produk, akan membeli lagi produk tersebut di masa mendatang. Jikaa konsumen sampai lupa atau kesulitan dalam mengingat merek tersebut, mereka tentu tidak akan membeli produk itu lagi karena tidak ingat dan tidak dapat mengidentifikasi produk tersebut di antara para produk pesaingnya.

Jika untuk jangka panjang nanti Anda juga berniat untuk melakukan ekspor, sebaiknya Anda juga memastikan bahwa konsumen di negara lain dapat membaca dan mengingat produk tersebut. Contoh merek yang memenuhi kriteria mudah dieja untuk konsumen dengan beragam bahasa adalah Sony dan Adidas.

Tidak Menimbulkan Konotasi Negatif
Nama dari sebuah merek harus dapat diterima oleh semua kalangan. Hal ini berlaku untuk pasar lokal dan juga negara – negara tujuan ekspor produk tersebut. Jangan sampai merek yang Anda pilih nanti menimbulkan persepsi ganda dalam bahasa maupun budaya yang akhirnya dapat merugikan merek Anda sendiri. Contohnya adalah pasta gigi merek Darkie yang namanya dianggap rasial dan akhirnya berganti nama menjadi Darlie.

Hki paten merek

Belum Ada Nama Domain Internet yang Didaftarkan
Nama domain internet saat ini telah menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis dan memiliki kaitan yang erat dengan merek. Ketika Anda mempunyai sebuah brand dan ingin memasarkan brand tersebut secara online, Anda tentu harus membuat domain internet sesuai dengan nama merek Anda. Untuk itu, pastikan bahwa nama merek yang dpilih belum masuk dalam nama domain internet yang sudah terdaftar. Hindari memilih nama domain yang sudah menjadi merek milik perusahaan lain, khususnya merek – merek yang sudah terkenal.

Pasalnya jika Anda membuat nama yang mirip dengan merek perusahaan lain yang sebelumnya sudah mendapatkan hki paten, Anda bisa dikenakan pasal pelanggaran merek dan dituntut secara hukum. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, Anda nanti akan mendapatkan merek yang benar – benar sesuai dengan karakter perusahaan atau produk yang Anda tawarkan sekaligus menjadi media promosi yang tepat. Selain itu,ketika Anda mendapatkan nama merek yang unik dan mendapatkan Hki paten, nantinya Anda juga dapat menuntut orang lain yang menjiplak merek Anda.

Chat WA