Harga jasa pendaftaran merek

Harga jasa pendaftaran merek lumayan menguras kantong. Tapi, karena itu sangat baik untuk kelangsungan usaha, tidak sedikit dari pelaku bisnis yang rela merogoh kocek demi melakukan registrasi terhadap merek dagangnya. Merek sendiri dipakai pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau sekelompok orang secara bersama-sama untuk membedakannya dengan produk lain yang sejenis.

Pada Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang merek dijelaskan bahwa merek merupakan tanda yang berupa nama, gambar, kata, susunan huruf, susunan angka, susunan warna atau gabungan dari unsur-unsur itu yang mempunyai daya pembanding dan dipakai dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. Mendaftarkan merek adalah suatu kewajiban bagi pebisnis untuk mendapatkan kepastian status kepemilikan dan proteksi hukum atas brand mereka.

Harga jasa pendaftaran merek

Sebetulnya, merek, brand dan branding merupakan satu paket. Merek dan brand mengacu pada istilah yang sama. Sedangkan branding lebih ke upaya membangun merek yang salah satunya dapat dilihat dari tingkat kesadaran atau brand awareness masyarakat terhadap merek produk atau jasa tersebut. Kemampuan konsumen dalam mengenal dan mengingat sebuah merek berperan besar dalam keputusan mereka untuk membeli produk.

Brand awareness sangat esensial bagi bisnis apapun karena tak hanya dapat mengundang konsumen, tapi juga bisa membuat mereka terus membeli produk Anda alias menjadi langganan. Orang akan lebih mungkin berbelanja suatu barang atau menggunakan jasa tertentu dari merek yang mereka percaya dan mudah dikenali. Misalnya, dari nama merek yang ‘catchy’, logo atau tagline bisnis yang pertama kali muncul di benak mereka ketika ingin membeli sesuatu. Di samping itu, apabila konsumen puas dengan brand Anda, kemungkinan mereka akan memberi tahu orang lain untuk menggunakannya juga.

Sebanding dengan harga jasa pendaftaran merek yang dikeluarkan, bukan?

Brand awareness juga sering digunakan sebagai tolok ukur kinerja suatu brand. Setiap tahun, perusahaan berinvestasi untuk memperbaiki dan meningkatkannya. Jika terjadi penurunan, perusahaan akan melakukan strategi pemasaran hingga brand awareness kembali seperti semula. Oleh karenanya, branding sering dijadikan sebagai salah satu strategi untuk mengembangkan usaha. Melalui branding, merek produk atau jasa dapat dikenali dengan mudah oleh konsumen.

Harga jasa pendaftaran merek indonesia

Hal tersebut secara tidak langsung juga bisa meningkatkan penjualan. Bayangkan bila Anda menjual produk makanan, akan sulit untuk menjelaskan spesifikasinya kepada pelanggan dalam skala besar. Lebih mudah jika cukup menyebutkan merek dari produk yang Anda hasilkan. Sayangnya, masih banyak yang tidak mempertimbangkan point ini karena terlalu fokus pada harga jasa pendaftaran merek.

Namun, tahukah Anda bahwa merek bisa mempertinggi nilai produk di pasaran sejalan dengan suksesnya upaya branding? Tahun 2015, lembaga yang melayani registrasi hak merek mencatat ada kenaikan pendaftaran merek oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sebanyak 6-7% pertahun. Jadi, setiap harinya ada sekitar 500-600 berkas yang masuk ke sana. Tentu Anda tidak ingin upaya branding menjadi percuma apabila di tengah jalan ternyata merek telah diambil atau didaftarkan lebih dulu oleh orang lain.

Tidak perlu khawatir dengan harga jasa pendaftaran merek, sebab akan sebanding dengan keuntungan yang Anda dapatkan selama menjalankan usaha itu. Suatu franchise (waralaba) juga bisa tinggi nilainya jika pondasi yang digunakan adalah perlindungan merek atau brand. Kalau Anda berada di posisi orang yang ingin membeli hak franchise, tentu tidak sembarang memutuskannya tanpa mempertimbangkan nilai jual merek tersebut di pasaran.

Nilai jual sendiri dipengaruhi oleh value merek yang didapatkan dari upaya branding oleh pemilik, selain investasi sistem. Pemegang merek yang menjual hak franchise-nya tentu tidak mau dibayar murah apabila brandnya sudah terkenal. Jadi, hampir bisa dipastikan bahwa lebih dari 90% merek yang dijual mahal telah diregistrasi dan mendapatkan perlindungan hukum. Karena para pebisnis tersebut tahu, jika hanya mempertimbangkan harga jasa pendaftaran merek, usaha yang mereka bangun dari dulu akan stagnan alias tidak berkembang.

Dalam hal ini, merek membantu usaha Anda lebih maju dari sebelumnya. Oleh karena itu, tidak usah ragu untuk mendaftarkan merek karena negara juga melindungi hak ekonomi setiap pemegang brand yang bisa terwujud dalam bentuk royalti. Rencanakan registrasi brand sejak awal, tanpa mengkhawatirkan harga jasa pendaftaran merek yang mungkin memberatkan.

Chat WA