Definisi Pengertian Hak Merek Dagang Dan Jasa

Definisi pengertian hak merek dagang dan jasa – definisi pengertian hak merek sebagai hak eksklusif dari pemilik atau pemegang merek tertentu terhadap merek yang sudah didaftarkan. Adapun pengertian merek itu sendiri yaitu bisa berupa nama, gambar, huruf-huruf, kata, gabungan angka, susunan dari warna hingga kombinasi diantara unsur tersebut dengan mempunyai daya pembeda serta digunakan dalam aktivitas perdagangan barang ataupun jasa.

Merek mempunyai beberapa fungsi diantaranya sebagai pembeda untuk membedakan antara barang atau produk yang satu dan yang lainnya, sekaligus sebagai jaminan reputasi yakni asal muasal sebuah produk tertentu sekaligus dapat memberikan jaminan mutu atau kualitas produk ataupun jasa. Merek juga berfungsi sebagai sebuah media promosi.

Definisi Pengertian Hak Merek Dagang

Persyaratan Merek
Adapun syarat mutlak untuk dipenuhi sebuah brand atau merek diantaranya harus memiliki daya pembeda produk yang cukup dengan begitu susunan nama, gambar, huruf-huruf, kata, susunan warna, angka-angka maupun kombinasinya wajib diatur dengan sedemikian rupa, dengan begitu cukup kuat membedakannya dengan barang maupun jasa yang telah diproduksi perusahaan lainnya.

Pengertian Hak Merek Dagang
Definisi dari hak merek dagang itu sendiri yaitu merek yang telah digunakan pada suatu barang yang telah diperdagangkan, baik oleh seseorang, maupun beberapa orang dengan bersamaan maupun badan hukum yang membedakannya dengan produk barang sejenis lainnya. Sedangkan untuk hak merek jasa sendiri pengertiannya yaitu hak merek sebuah jasa yang telah diperdagangkan baik oleh seseorang maupun beberapa orang dengan bersamaan atau dari badan hukum yang bertujuan membedakannya dengan berbagai macam jasa yang sejenis lainnya.

Definisi Pengertian Hak Merek Dagang Dan Jasa

Jika hak merek dagang dipergunakan dengan sah, yaitu dengan mendaftarkan hak merek terlebih dulu kepada pemilik dari hak merek itu sendiri maka nantinya diberikan hak terhadap merek dagang itu sendiri. Adapun hak terhadap merek dagang merupakan hak eksklusif dari negara untuk para pemilik merek yang telah mendaftarkan hak atas merek dagang mereka yang telah terdaftar di daftar umum dalam jangka waktu yang telah ditentukan dengan memakai sendiri hak atas merek tersebut maupun dengan memberikan izin untuk pihak lain agar memakainya.

    Chat WA