Cek status pendaftaran merek

Cara cek status pendaftaran merek ternyata cukup mudah hanya tinggal menghubungi jasa konsultan Anda. Bagi yang berencana akan mengajukan permohonan merek dagang untuk mematenkan produk. Terlebih dahulu perlu Anda ketahui jika hal ini merupakan sebuah agenda penting dan wajib dilakukan sebelumnya. Apa alasannya?

Sebelum kita membahas lebih jauh cara cek status pendaftaran sebuah merek, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengapa Anda harus mengecek produk yang sudah Anda daftarkan. Melakukan pengecekan akan membantu Anda menghindari adanya tuntutan hukum, baik secara pidana ataupun perdata, jika terjadi suatu permasalahan dikemudian hari.

cek status pendaftaran merek

Cek Merek Terlebih Dahulu dengan Mendaftar
Secara lebih rinci melakukan cek merek dagang apakah telah terdaftar atau belum Anda akan diberi gambaran tentang keberadaan produk Anda dengan terlebih dahulu mendaftarkan merek Anda. Selanjut Anda akan diberikan gambaran dan terlihat apakah merek dagang Anda memiliki kesamaan dengan milik orang lain yang sudah terdaftar lebih dulu.

Produk yang Anda daftarkan tidak boleh sama dengan produk-produk lain yang sudah lebih dulu mendaftar. Maka dari itu, pastikan merek yang Anda daftar tak ada kesamaan dengan produk lainnya, seperti kemiripan bentuk, susunan warna, cara penempatan, cara penulisan unsur serta bunyi pengucapannya.

Apabila hasil cek status pendaftaran dan penelusuran merek yang Anda lakukan membuahkan hasil baik, maka Anda tidak perlu ragu lagi mendaftarkan produk yang akan Anda patenkan. Selanjutnya, bergegaslah melakukan daftar merek dagang Anda. Dalam hal ini Anda mungkin membutuhkan seorang jasa konsultan yang terpercaya.

Kerugian Menunda Mendaftarkan Merek
Merek dagang atau trade mark sudah seharusnya menjadi sebuah aset yang paling penting untuk sebuah kegiatan usaha. Baik nama, merek dan logo adalah jati diri atau identitas lembaga bisnis yang Anda kelola, sehingga bagian ini teramat penting dimiliki perusahaan sebagai identitas produk.

Lembaga bisnis dan citra produk harus sama-sama melekat dengan mendaftarkannya secara resmi pada lembaga hukum. Alasan ini karena, merek dagang merupakan wajah dari lembaga usaha yang Anda kelola. Perlindungan merek dagang adalah hal yang harus Anda utamakan karena hal ini penting yakni, sebagai peran merek dalam suatu kegiatan bisnis.

Mendaftarkan merek dagang adalah salah satu cara melindungi merek. Mendaftarkan merek merupakan sebuah kekayaan intelektual bagi pebisnis apapun baik bisnis yang dikelola secara individu atau lembaga usaha.

Tanpa mendaftarkan merek atau menundanya maka kepemilikan produk Anda masih bisa dikatakan ilegal sebab belum dilindungi oleh badan hukum. Badan hukum memiliki banyak sekali manfaat lainnya, dengan memiliki merek dagang Anda bisa dapat leluasa menggunakan merek, kegiatan dan usaha yang dikelola akan aman saat bekerja sama dengan berbagai pihak.

Penundaan dalam mendaftar merek itu artinya Anda telah menunda manfaat dari kepemilikan produk. Kerugian lainnya yang Anda dapat berupa kelambatan usaha untuk bisa lebih berkembang sampai kehilangan nama produk yang sudah lama Anda gunakan. Produk Anda yang sudah lama melekat dalam bisnis yang Anda kelola bisa diklaim pihak lain.

cek status pendaftaran merek baju

Kesadaran tentang pentingnya mendaftar kepemilikan merek dagang adalah bagian penting dari berbagai pertimbangan agar Anda terus mengembangkan usaha yang saat ini Anda kelola tanpa resiko yang ditimbulkan oleh tidak terdaftarnya merek.

Oleh karena itu, diperlukan cek status pendaftaran merek ketika Anda siap untuk mendaftarkan nama produk.

Melalui cara cek status pendaftaran dari merek Anda akan lebih memudahkan dalam mematenkan merek supaya tidak sama dengan pihak lainnya. Merek dagang yang telah didaftarkan akan mengurangi resiko tindak pemalsuan yang dilakukan oleh oknum dari merek tiruan yang serupa.

Keuntungan Mendaftar Merek dan Kerugian Tidak Mendaftar Merek
Seorang pelaku usaha wajib melakukan cek status pendaftaran merek terlebih dahulu agar memudahkan dalam proses perijinan pada lembaga hukum. Keuntungan mendaftarkan merek akan mengalir kepada pemilik produk yang asli dan sudah terdaftar. Sedangkan orang lain yang mengklaim produk yang sudah terdaftar bisa memperoleh tuntutan hukum.

Pelaku usaha yang telah terdaftar akan muncul nama produknya setelah cek status pendaftaran merek. Mendaftarkan merek secara resmi di lembaga pemerintahan akan mudah menghindari saingan dagang dengan merek yang sama. Produk yang telah Anda patenkan secara resmi bisa mengusut kasus pemalsuan yang menyamai nama merek terdaftar Anda.

Resiko pencurian merek juga bisa Anda hindari karena merek terdaftar lebih aman. Sedangkan, merek yang tidak terdaftar dan menggunakan nama produk palsu atau memiliki kesamaan dengan nama produk terdaftar maka, bisa mengalami banyak sekali kerugian. Mereka membangun usaha sia-sia, tidak memiliki perlindungan hukum dan mudah disebut pengklaim.

Mendaftarkan merek adalah salah satu kesadaran karena nama merek merupakan salah satu aset perusahaan yang patut untuk dikenalkan pada para pelanggan dan juga sebagai bentuk kerjasama dengan perusahaan lain agar lebih percaya bekerjasama dengan aman. Jika telah terdaftar maka tinggal cek status pendaftaran merek.

    Call Us
    Chat WA