Cara Mengecek Merek Terdaftar

Cara mengecek merek terdaftar cukup mudah dilakukan, cukup hubungi konsultan hki kami. Bagi anda yang akan mengajukan sebuah permohonan merek dagang atas produk anda, perlu diingat bahwa hal ini juga merupakan salah satu agenda penting yang harus dilakukan untuk sebelumnya. Mengapa?

Sebelum membahas cara melakukan pengecekan merek dagang yang sudah terdaftar sebelumnya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui mengapa Anda harus mengecek merek dagang yang telah terdaftar terlebih dahulu. Pengecekan merek juga akan membantu Anda dalam menghindari kemungkinan timbulnya tuntutan hukum, baik hukum pidana maupun hukum perdata, dalam waktu selanjutnya.

Cara Mengecek Merek

Secara terinci, dengan melakukan pengecekan merek dagang pula, Anda akan diberikan gambaran akan keberadaan merek dagang yang sudah terdaftar terlebih dahulu ataupun merek dagang yang sedang diproses pendaftarannya yang memiliki persamaan, baik dalam bagian kecil maupun secara keseluruhannya, dengan merek dagang yang akan Anda daftarkan.

Seperti yang sebelumnya, pastikan bahwa tidak ada persamaan dengan merek dagang yang telah terdaftar. Persamaan yang dimaksud adalah adanya kemiripan yang memunculkan kesan yang sama antar produknya. Kemiripan tersebut dapat meliputi kemiripan pada bentuknya, susunan warnanya, cara penempatannya, cara penulisan unsurnya maupun dalam bunyi pengucapannya.

Cara Mengecek Merek Terdaftar

Namun, apabila hasil pengecekan dan penelusuran Anda membuahkan hasil yang cukup bagus, maka Anda tak perlu ragu untuk mendaftarkan merek dagang produk Anda. Setelah itu, segera bergegaslah untuk melakukan pendaftaran merek. Konsultan merek kami siap membantu anda dalam melakukan pendaftaran merek usaha anda.
Lantas bagaimanakah cara mengecek merek terdaftar? Mudah silahkan hubungi konsultan hki kami.

Kerugian Menunda Melindungi Merek

Merek dagang sudah sepatutnya dianggap sebagai salah satu aset terpenting dalam kegiatan usaha. Merek dan logo merupakan bagian utama dari identitas sebuah lembaga bisnis dan juga menjadi bagian penting dari identitas produk. Proses pencitraan sebuah produk dan lembaga bisnis harus menyertakan merek yang melekat pada keduanya. Karena alasan itulah merek dagang dapat dikatakan sebagai wajah sebuah lembaga usaha. Perlindungan terhadap merek dagang menjadi penting mengingat besarnya peran merek bagi sebuah kegiatan bisnis.

Cara perlindungan terhadap merek yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftarkan merek sebagai suatu kekayaan intelektual yang dimiliki oleh pelaku bisnis baik sebagai individu ataupun sebagai sebuah lembaga usaha. Menunda mendaftarkan kepemilikan merek dagang sama dengan menunda merek dan kegiatan usaha yang dilakukan dari memperoleh perlindungan hukum. Perlindungan hukum dan berbagai manfaat lain dari kepemilikan merek dagang bisa sangat membantu kegiatan dan pengelolaan bisnis yang dijalani.

Menunda mendaftarkan merek berarti menunda memiliki berbagai manfaat dari kepemilikan merek dagang. Kerugian pelaku usaha yang menunda mendaftarkan merek bisa muncul dalam berbagai wujud; mulai dari kelambatan bisnis berkembang hingga kehilangan merek dagang yang selama ini digunakan karena diklaim atau didaftarkan lebih dahulu oleh pihak lain. Kesadaran mengenai pentingnya mendaftarkan dan memiliki merek dagang menjadi bagian penting dalam mengembangkan usaha.

Salah satu resiko terbesar dari keputusan menunda melakukan pendaftaran merek dagang adalah terjadinya tindak pemalsuan produk dengan menempelkan merek serupa. Seorang pelaku bisnis dan pemilik merek tentu akan mengalami kerugian ketika konsumen yang berniat membeli produk asli ternyata justru membeli produk palsu. Selain keuntungan tidak mengalir pada pemilik merek yang asli; citra produk atau merek bisa saja rusak jika produk tiruan yang didapat konsumen memiliki kualitas yang mengecewakan.

Proses membangun citra dan kepercayaan konsumen bisa rusak dalam sekejap ketika terjadi pemalsuan produk. Pelaku usaha yang telah mendaftarkan merek dagang bisa langsung mengajukan tuntutan hukum untuk mengusut pelaku pemalsuan produk. Sebuah situasi yang tidak dapat dilakukan pelaku usaha yang belum mendaftarkan merek dagang yang digunakan.
Resiko lain yang bisa jadi merugikan pelaku usaha sebagai pemilik merek yang tidak atau belum mendaftarkan mereknya adalah mengalami pencurian merek.

Dalam hal ini; merek yang digunakan bisa saja didaftarkan oleh pihak lain tanpa sepengetahuan pemilik merek yang sebenarnya. Usaha membangun usaha dan membesarkan nama merek bisa jadi sia – sia ketika merek tidak segera didaftarkan dan kemudian didaftarkan oleh pelaku usaha lain. Mencari ide merek baru dan kembali mengenalkannya ke pasar dan konsumen bisa seperti mengawali usaha sejak awal lagi. Kesadaran mengenai pentingnya merek sebagai salah satu aset usaha patut dikenalkan pada pelaku usaha; terutama pelaku usaha kecil menengah yang terkadang masih belum menyadari betapa pentingnya memiliki sebuah merek dagang sendiri.

    Call Us
    Chat WA