Cara Mendaftarkan Merek Usaha

Cara mendaftarkan merek usaha penting sekali untuk diketahui bagi para pengusaha atau calon pengusaha karena dapat membantu untuk melindung produk atau bisnis dari penyalahgunaan berupa plagiasi atau pemalsuan yang berniat mengeruk keuntungan dari usaha Anda yang sudah populer atau mendompleng ketenaran. Secara umum yang dimaksud merek adalah identitas usaha yang meliputi logo perusahaan, symbol-simbol yang membuat produk tampak unik dan lain daripada yang lain, serta merek produk. Perlu diketahui pemalsuan atas sebuah paten merek oleh pihak lain dapat dituntut dengan hukuman dendan mulai 200 juta rupiah hingga 1 milyar.

Cara Mendaftarkan Merek Usaha

Sesuai sejarahnya, merek dagang berasal dari hukum kebiasaan dan hukum pedagang untuk memberi keunikan atau karakter tertentu kepada produknya sebagai hak yang sah bagi pedagang. Tujuannya adalah untuk mencegah pengusaha yang lain tak mem-plagiat suatu produk. Pengakuan atas merek dagang di Inggris telah dimulai sejak tahun 1656 sesuai Clothiers’s Case.

Di tanah air sendiri pengakuan terhadap Hak Kekayaan Intelektual termasuk paten merek telah ada sejak tahun 1840 yaitu masa pemerintahan Kolonial Belanda. Sayangnya hingga saat ini kesadaran yang kurang pada pengusaha Indonesia untuk mendaftarkan serta mematenkan merek bisnisnya. Yang masih menjadi prioritas utama bagi para pengusaha pemula ini adalah menjalankan bisnisnya terlebih dahulu hingga berkembang.

Ini berbeda dengan para pengusaha di Amerika atau pun Eropa yang langsung mematenkan merek bisnisnya bahkan sejak permulaan mengawali bisnisnya. Para  pebisnis lokal seringkali kelimpungan bila produknya kemudian diplagiasi oleh  orang lain saat sudah  populer tanpa dapat menuntutnya secara hukum. Ini karena mereka tak mempunyai bukti pendaftaran merek atau Hak Kekayaan Intelektual atas merek bisnisnya tersebut. Jadi intinya walaupun bisnis yang Anda rintis masih dalam skala kecil sebaiknya sejak awal daftarkan merek Anda segera melalui konsultan HKI kami.

Cara mendaftarkan merek usaha di Indonesia berpedoman pada  UU Merek No.15 tahun 2001

  1. Untuk melakukan penelusuran merek ini Anda bisa menelpon konsultan HKI kami.
  2. Pemohon berikutnya mengisi formulir yang telah disediakan oleh konsultan merek kami.
  3. Berikutnya adalah menunggu penerbitan hak merek bila proses pendaftaran selesai.

Nah, demikianlah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui tentang cara mendaftarkan merek usaha bagi Anda yang hendak merintis sebagai pengusaha.

    Chat WA