Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Cara mendaftarkan merek dagang makanan hingga kini masih belum banyak diterapkan para pebisnis kuliner pemula karena lebih memilih membuat bisnis mereka berkembang terlebih dulu. Ini tentu saja langkah yang kurang bijaksana karena paten merek akan memberi citra yang positif bagi bisnis Anda. Cara mendaftarkan merek dagang sebenarnya tak terlalu sulit karena Anda hanya perlu menghubungi konsultan HKI kami.

Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Dalam mendaftarkan merek menjadi mudah dengan menghubungi konsultan merek kami dengan menyantumkan beberapa persyaratan, sebagaimana berikut ini:

  • Keterangan tanggal, bulan, dan tahun pendaftaran secara lengkap dan jelas
  • Nama lengkap pemohon serta kewarganegaraan dan alamat lengkap untuk memperoleh merek dagang makanannya
  • Menyertakan desain atau contoh etiket merek termasuk keterangan warna-warna, apabila merek dagang makanan yang didaftarkan mempunya banyak unsur warna atau menggunakan warna tertentu
  • Nama negara dan tanggal permintaan merek dagang makanan tertentu yang lebih dahulu pendaftarannya diajukan (umumnya dengan menggunakan hak prioritas).

Untuk melengkapi cara mendaftarkan merek dagang makanan, inilah point-point penting yang harus Anda ketahui secara terperinci:

  • Bila seorang pelaku usaha ingin mengajukan paten merek dagang makanan di Indonesia tanda tangan pendaftar atau kuasanya harus dibubuhkan. Selain itu berkas pendaftaran juga harus dilampiri bukti sah tentang pembayaran biaya.
  • Pengajuan paten merek dagang makanan di Indonesia dapat dilakukan secara perorangan atau atau badan hukum.

Bila pendaftaran paten merek disetujui maka pemohon akan memperoleh surat pemberitahuan yang berisi bahwa seluruh persyaratan formalitas telah dipenuhi. Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan terperinci atas merek dagang yang didaftarkan tersebut. Sebelumnya perlu dilakukan penelusuran merek terdaftar yang dapat dilakukan dengan menghubungi konsultan paten merek kami.

Tujuan penelusuran ini adalah untuk mengetahui apakah sebelumnya merek yang Anda ajukan telah didaftarkan oleh pihak lain atau tidak.

Merek produk yang didaftarkan baik berupa barang atau jasa selanjutnya akan diverifikasi sesuai kategorinya. Sampai saat ini berkaitan dengan kebutuhan pendaftaran merek, tanah air kita masih memberlakukan pedoman yang telah disetujui dalam klasifikasi internasional. Di dalamnya tercantum daftar yang membagi barang atau produk serta jasa dalam 45 kategori.

Nah, semoga informasi tentang cara mendaftarkan merek dagang makanan ini bermanfaat bagi Anda yang berminat merintis bisnis kuliner atau bisnis yang lainnya, silahkan hubungi kami.

    Chat WA