Cara mendaftarkan merek dagang produk

Cara mendaftarkan merek dagang produk bagaimana prosedurnya ? bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan oleh mereka yang ingin mendaftarkan merek dagang yang dimilikinya. Namun sebelum membicarakan mengenai cara untuk mendaftarkan merek dagang tersebut ada baiknya apabila Anda memahami apa yang disebut dengan merek itu sendiri. Berikut penjelasannya :

Merek merupakan nama atau pun istilah, simbol, lambang, desain serta beragam atribut yang umumnya digunakan pada produk yang dijadikan sebagai identitas atau diferensiasi dari produk milik pesaing lainnya. Dengan kata lain, merek dapat dinyatakan sebagai janji yang diberikan oleh penjual secara konsisten yang disampaikan dengan beragam ciri khusus yang dimilikinya. Merek dagang sendiri umumnya memiliki beberapa tujuan, yang diantaranya terdiri dari :

Cara mendaftarkan merek dagang produk elektronik

• Sebagai bentuk identitas, dengan kata lain pembuatan serta cara mendaftarkan merek dagang dimanfaatkan sebagai bentuk diferensiasi atau pembeda antara satu dengan lainnya, sehingga pihak pelanggan atau konsumen pun dapat mengenalinya dengan lebih mudah ketika hendak membeli produk tersebut atau bahkan ketika melakukan pembelian dengan cara berulang.
• Sebagai alat promosi, dalam hal ini merek dagang berguna untuk menarik pihak pembeli agar tertarik dan kemudian membeli produk tersebut.
• Sebagai alat tepat untuk membina citra, dengan kata lain merek dapat digunakan sebagai alat pembentuk keyakinan, kemudian keberadaan jaminan dari kualitas serta sebagai prestise khusus yang ditujukan bagi para konsumen.
• Merek sebagai alat untuk mengendalikan pasar yang mana setelah mengenal merek tertentu dan yakin dengan kualitas yang dimilkinya, maka orang atau para pelanggan akan tetap memilih untuk menggunakan merek tersebut.

Dari penjelasan di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa merek memiliki peranan penting dalam hal pemasaran. Karena itulah dalam cara mendaftarkan merek dagang, perbedaan antara merek serta produk menjadi bagian yang cukup banyak diperhatikan. Jika produk dikenal sebagai sesuatu hal atau benda yang dihasilkan oleh pabrik, maka berbeda halnya dengan merek yang tentunya dapat dibeli oleh konsumen.

Dengan kata lain, ketika produk diluncurkan dapat ditiru oleh para pesaing lainnya, berbeda halnya dengan merek yang justru sukar atau sulit untuk ditiru. Pasalnya bagian yang satu ini berkaitan dengan persepsi, sehingga bentuk persaingan yang terjadi diantara perusahaan menjadi bentuk pertarungan persepsi dan bukan pertarungan dalam bentuk produk yang dihasilkan.

Fungsi merek dagang :
• Sebagai tanda pengenal yang tentunya berfungsi dalam membedakan hasil produksi dari barang yang telah dihasilkan oleh orang yang satu dengan pihak lainnya secara bersamaan atau bahkan berguna untuk membedakan badan hukum dari produksi milik yang satu dengan badan hukum lainnya.
• Sebagai alat promosi guna mempromosikan hasil produksi hanya dengan cara menyebutkan merek dari produk itu sendiri.
• Sebagai jaminan dari mutu barang yang telah dihasilkan
• Sebagai penunjuk asal mula barang atau layanan jasa tersebut dihasilkan.

Menciptakan merek dagang populer dan terkenal

Sebelum membahas mengenai bagaimana kiranya cara mendaftarkan merek dagang produk dengan tepat.

Berikut ini penulis sajikan cara tepat untuk menciptakan merek dagang populer terlebih dahulu yang tentunya lebih wajib untuk dipersiapkan di bagian awal, diantaranya :

1. Menawarkan solusi
Bagian pertama pastikanlah untuk membangun kredibiltas dari merek dengan menunjukkan bagaimana produk yang Anda miliki dapat mengatasi setiap kebutuhan masyarakat dengan cara yang lebih kreatif inovatif serta efektif. Selain itu pastikan pula untuk menyajikan tayangan testimoni dari pihak pelanggan yang menunjukkan bagaimana keunggulan dari produk yang Anda miliki untuk meyakinkan pihak lainnya.

2. Mengajak pelanggan untuk mengunjungi bagian di balik layar
Dalam hal ini, Anda dapat membuat sajian dengan menunjukkan siapa saja orang-orang yang telah bekerja di balik layar termasuk perjuangan apa saja yang telah dilakukannya dalam memperjuangkan produk dengan merek dagang tersebut.

Cara mendaftarkan merek dagang produk

3. Ceritakan jati diri dari merek yang Anda miliki
Dalam hal ini Anda dapat menceritakan alasan unik atau hal apa yang kiranya membuat Anda membuat produk dengan nama serta merek dagang yang hendak digunakan. Karena tidak jarang dengan cara unik tersebut merek dagang yang dihasilkan justru lebih populer dari merek lainnya.

4. Membicarakan topik yang hangat
Cara terakhir yang dapat Anda gunakan dalam membuat merek dagang populer adalah menggunakan sesuatu yang umumnya dapat menginspirasi Anda sebagai positioning merek.
Demikianlah kiranya penjelasan singkat yang wajib Anda perhatikan sebelum mengenal cara mendaftarkan merek dagang itu sendiri.

Chat WA