Cara Mendaftarkan Merek Dagang Makanan

Cara Mendaftarkan Merek Dagang Makanan

Cara Mendaftarkan Merek Dagang Makanan Sebenarnya Tidaklah Sulit. Anda Hanya Cukup Mengikuti Cara-cara Sesuai Dengan Apa Yang Dipaparkan. Di Indonesia, cara pendaftaran merek dagang seharusnya diajukan secara tertulis kepada Direktorat Jenderal dalam bahasa Indonesia. Di dalam pengajuan tersebut, terdapat beberapa hal yang harus dicantumkan, diantaranya yaitu:

Cara Mendaftarkan Merek Dagang Makanan

1. Keterangan tanggal, bulan dan tahun pengajuan secara jelas dan lengkap
2. Nama lengkap beserta kewarganegaraan dan alamat lengkap pihak yang akan mendaftarkan hak untuk memperoleh merek dagang makanannya
3. Nama lengkap dan alamat milik kuasa, apabila dalam pendaftaran merek dagang makanan yang akan diajukan menggunakan jasa dari kuasa milik yang akan melakukan pendaftaran merek dagang makanan tersebut
4. Keterangan warna-warna, apabila merek dagang makanan yang akan didaftarkan pendaftarannya memiliki unsur-unsur warna atau menggunakan unsur-unsur warna tertentu
5. Nama negara dan tanggal permintaan merek dagang makanan yang pertama kali pendaftarannya diajukan (umumnya dengan menggunakan hak prioritas).
Secara rinci, berikut poin-poin penting yang harus diketahui dalam tata cara mendaftarkan merek dagang makanan.
 Mendaftarkan merek dagang makanan di Indonesia perlu dilengkapi dengan tanda tangan pendaftar atau dapat digantikan dengan kuasanya, dengan tidak lupa dilampiri dengan adanya bukti yang jelas mengenai pembayaran biaya.
 Pendaftaran merek dagang makanan di Indonesia dapat dilakukan dengan pengajuan yang terdiri dari satu atau beberapa orang, baik secara bersama-sama maupun melalui badan hukum. Perlu diingat, dalam hal pendaftaran merek dagang makanan di Indonesia, apabila Anda ingin mengajukannya dengan lebih dari satu pendaftar secara bersama-sama, maka keseluruhannya akan berhak atas hak merek dagang tersebut.

Mendaftarkan Merek Dagang Makanan

 Pendaftaran merek dagang ditandatangani oleh salah satu perwakilan dari pihak-pihak terkait yang mendaftarkan merek dagang tersebut. Pihak-pihak tersebut haruslah orang-orang yang nantinya akan memiliki hak atas hak merek dagang tersebut. Demi formalitas, diperlukan pula adanya lampiran persetujuan tertulis dari keseluruhan pendaftar merek dagang yang isinya menunjuk salah seorang diantara mereka untuk mewakilkan. Namun, apabila pendaftaran merek dagang diajukan melalui bantuan dari kuasa, maka surat kuasa yang ada perlu untuk ditandatangani oleh semua pihak terkait yang nantinya akan memiliki hak atas merek dagang tersebut.
Apabila persyaratan dan ke semua cara telah terpenuhi dan dilaksanakan dengan baik, maka Anda hanya perlu bersabar dalam menunggu. Anda cukup menanti persetujuan Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HAKI). Nantinya, apabila pendaftaran merek dagang Anda sudah disetujui oleh Ditjen HAKI, maka pemohon pendaftaran merek dagang akan memperoleh surat pemberitahuan yang menyatakan bahwa segala persyaratan formalitas sudah dipenuhi. Setelah itu, akan dilakukan pemeriksaan yang lebih rinci atas merek dagang yang akan didaftarkan. Barang dan jasa yang didaftarkan merek dagangnya akan diverifikasi sesuai dengan kelompok-kelompoknya. Hingga saat ini, untuk keperluan pendaftaran merek, Indonesia masih menggunakan pedoman yang ada pada klasifikasi internasional. Klasifikasi internasional inilah yang membagi barang/produk dan jasa sebanyak 45 kelompok.
Pada akhirnya, apabila masih ada bagian yang masih belum jelas mengenai tata cara dalam pendaftaran merek dagang seperti yang dipaparkan di atas, maka Anda dapat merujuk kepada informasi terkait yang lebih lengkap. Memang, hingga saat ini belum ada peraturan pemerintah yang khusus membahas persyaratan dan tata cara pendaftaran merek dagang di Indonesia. Namun, Anda dapat menggunakan peraturan dengan menyesuaikan peraturan pemerintah terkait UU No. 15 Tahun 2001 yang meliputi undang-undang mengenai hak merek dagang yang baru, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) No. 23 Tahun 1993 tentang Tata Cara Pendaftaran Hak Merek Dagang.

    Chat WA