Cara mendaftarkan merek dagang ke BPOM

Cara mendaftarkan merek dagang ke BPOM tidak terlalu susah. Untuk Anda yang belum tau cara mendaftarkan merek dagang ke BPOM sebaiknya segera mendaftar. Sebelum merek didaftarkan ke BPOM anda harus mendaftarkan merek dagang usaha anda, hubungi konsultan merek kami. Karena jika produk belum terindikasi berbahaya atau tidak jangan sampai produk sudah beredar di pasaran. Dengan mendaftarkan merek maka akan meminimalisir kerugian tidak melindungi merek dagang.

Apalagi produk makanan sebagian masyarakat syarat izin edar tersebut dianggap tidaklah penting, biasanya mereka hanya memikirkan rasanya yang enak dan kemasannya yang menarik. Dan kosmetik biasanya mereka hanya mementingkan kegunaan saja memutihkan dan menghaluskan.
Sehingga orang mengabaikan kesehatan bahkan keselamatanya jika mengkonsumsi sesuatu produk yang belum izin edar. Kerugian tidak melindungi merek dagang. Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah sebuah lembaga yang bertugas mengawasi peredaran produk obat dan makanan dengan izin edar yang sah.

Cara mendaftarkan merek dagang ke BPOM produk

Tugas dan Fungsi BPOM
Berdasarkan keputusan presiden No. 103 tahun 2014 menyatakan ada beberapa fungsi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) antara lain :
1. Penyusunan dan pengkajian dalam bidang pengawasan makanan dan obat obatan.
2. Melaksanakan kebijakan dalam bidang pengawasan makanan dan obat obatan
3. Mengkoordinasikan sistem fungsional dalam melaksanakan tugas dan wewenang BPOM
4. Memberikan pengarahan dan bimbingan dalam kegiatan instansi kepemerintahan dalam bidang makanan dan obat.
5. Melakukan pembinaan untuk perencanaan secara umum, ketatausahaan, pelaksanaan organisasi, lingkup pegawai dan juga keperluan rumah tangga.

10 Fungsi Dasar dari Balai BPOM
Sebagaimana yang diterang kan dalam kutipan atas bahwa ada beberapa fungsi serta tugasnya. Badan Pengawas Obat dan Makanan memiliki balai sebagai unit pelaksana dari tugas dan wewenang, antara lain sebagai berikut :
1. Melakukan penyusunan rencana serta program kerja pengawasan obat dan makanan.
2. Pemeriksaan langsung laboratorium dan penilaian tingkat mutu dari produk , narkotika, obat tradisional , bahan pangan serta bahan adiktif berbahaya.
3. Melakukan pengujian laboratoriun untuk mengetahui produk tersebut secara mikrobiologi.
4. Pengambilan sampel terhadap produk dengan sarana produksi maupun distribusi.
5. Penyelidikan terhadap pelanggaran kasus mengenai izin edar.
6. Melakukan sistem sertifikasi produk dengan menggunakan sarana produksi maupun distribusi yang telah ditetapkan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (KBPOM).
7. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan layanan konsumen.
8. Melakukan evaluasi dan juga menyusun laporan pengujian obat dan makanan.
9. Melaksanakan sistem alih dalam urusan ketatausahaan dan rumah tangga.
10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Jenis-jenis Nomor Pendaftaran BPOM

Cara mendaftarkan merek dagang ke BPOM

Cara mendaftarkan merek dagang ke BPOM biasanya dilakukan setelah produsen sudah siap mengedarkan produk dan percaya bahan yang digunakan dalam produk tersebut sudah aman. Pemberian kode dari BPOM biasanya menggunakan huruf , Md , ML, dan juga SP dalam produk obat maupun makanan.
Pemberian lebel SP memiliki arti yaitu Sertifikat Penyuluhan merupakan nomor dari pendaftar yang diberikan kepada pengusaha kecil. Kemudian lebel MD diberikan kepada produsen yang memiliki modal lumayan besar dalam pembuatan produknya yang diperkirakan sudah mampu menjalankan keamanan pangan diciptakan.

Cara mendaftarkan merek dagang ke BPOM

Label ML biasanya diberikan untuk minuman ataupun makanan yang berasal dari produk import kemasan ataupun dikemas ulang.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Merek Dagang ke BPOM?
Biasanya poduk makanan dan minuman untuk wilayah Indonesia langsung ditangani Direktorat Penilaian Keamanan BPOM, berbeda dengan produk import luar negeri. Produk dalam negeri biasanya memerlukan fotocopy izin industri Badan Perindustrian dan Perdagangan Pangan
Kemudian dengan mengisi formulir registrasi pendaftaran yang biasanya disertai penyerahan sampel produk dan juga label yang akan diedarkan.

    Call Us
    Chat WA