Cara mendaftarkan hak paten

Cara mendaftarkan hak paten perlu di lakukan oleh setiap pengusaha dan apakah Anda saat ini masih kesulitan untuk mematenkan produk atau jasa? Sebelum melangkah ke hak paten, sebenarnya adalah beberapa hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan oleh para pelaku usaha, salah satunya adalah menentukan merek yang akan digunakan. Memilih sebuah nama usaha atau nama produk yang akan ditawarkan ke pasaran merupakan hal yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus.

Anda tentu sudah tahu bahwa merek yang sesuai dan unik dapat membantu menghipnotis jutaan orang terhadap produk – produk yang Anda tawarkan. Kadang, mereka tidak peduli dengan kualitas dan harga dari suatu produk karena sudah terlanjur jatuh hati dengan suatu merek. Ketika banyak konsumen yang tertarik terhadap suatu merek, proses pemasaran bisnis Anda tentu akan semakin mudah dan pada akhirnya akan mendongkrak angka penjualan Anda.

Cara mendaftarkan hak paten

Jadi tidak heran jika para pelaku bisnis rela menghabiskan uang jutaan rupiah untuk mendapatkan nama yang tepat bagi perusahaan atau produk mereka dan melakukan cara mendaftarkan hak paten. Tujuan utamanya tentu saja adalah supaya merek tersebut dapat meraih sukses. Sayangnya tidak sedikit para pebisnis yang masih mengabaikan hal ini dan hanya fokus pada cara mendaftarkan hak paten. Mereka sepertinya belum memahami arti penting dari sebuah nama atau merek dari produk yang dibuat.

Atau penyebab lainnya adalah mereka masih pebisnis pemula yang baru saja berkecimpung di dunia bisnis sehingga masih belum memahami apa saja aspek penting yang perlu diperhatikan sebelum mereka memulai sebuah usaha.

Tips Menentukan Merek yang Baik
Bagi Anda yang saat ini sedang bingung memilih merek untuk produk.

kesulitan memikirkan cara mendaftarkan hak paten atau tidak mempunyai cukup biaya untuk berkonsultasi ke Brand Konsultant.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan dalam memilih merek untuk produk Anda.

• Pilihlah Nama yang Mudah Diucapkan
Konsumen yang akan menggunakan produk Anda nantinya akan sangat beragam dan dari berbagai kalangan. Oleh sebab itu, Anda perlu menyadari bahwa para konsumen memiliki tingkat pendidikan dan pengetahuan yang berbeda. Jadi merek yang mudah dikenali oleh seorang konsumen mungkin tidak dapat diucapkan dengan mudah oleh konsumen yang lain. Anda dapat menggunakan istilah atau kata dari bahasa sehari – hari. Atau jika produk tersebut dipasarkan secara lokal, Anda dapat menggunakan nama yang sesuai dengan bahasa daerah tempat pemasaran produk tersebut.

• Merek yang Mudah Diingat
Selain mudah untuk diucapkan, merek tersebut juga harus mudah diingat. Oleh sebab itu, hindari memilih nama meek yang panjang atau rumit karena akan membuat konsumen kesulitan untuk menghafalnya dan akhirnya justru lupa dengan merek tersebut. Sebaiknya, pilihlah nama yang sederhana tetapi menarik sehingga akan berkesan dan mudah diingat oleh konsumen.

• Merek Mudah Dikenali
Merek yang mudah dikenali maksudnya adalah konsumen dapat dengan mudah menemukan atau mengenali produk serta membedakannya dengan produk lain yang sejenis. Jika produk yang Anda tawarkan mudah dikenali, konsumen yang baru pertama kali akan membelinya dapat membedakannya dengan produk yang lain. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar produk Anda dapat dikenali dengan mudah adalah menggunakan penulisan dan gaya huruf serta kata yang jelas dan memilih warna yang tepat.

Cara mendaftarkan hak paten makanan

• Desain Merek Menarik
Desain merek yang terlihat menarik dapat membuat produk yang Anda tawarkan terlihat lebih mencolok dibandingkan produk lainnya, mudah dikenali, dan mampu menciptakan citra yang baik bagi produk tersebut sehingga memberikan kesempatan yang lebih besar agar dapat terlihat dan dipilih konsumen.

• Menampilkan Manfaat Produk
Memilih nama untuk merek tidak hanya sekedar memperhatikan menarik atau tidaknya merek tersebut tetapi juga sebaiknya disesuaikan dengan produk yang dijual dan menampilkan manfaat produk tersebut. Anda dapat menggunakan beberapa kata untuk menggambarkan manfaat produk misalnya “sehat” “bergizi” dll. Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan nama binatang, anggota badan, atau nama keluarga sebagai merek usaha misalnya cap Gajah, Kumbang, merek Jempol, dll.

Setelah Anda menentukan merek yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan cara mendaftarkan hak paten merek agar merek yang sudah Anda buat tersebut tidak digunakan oleh orang lain.

    Call Us
    Chat WA