Cara Membuat Nama Brand Clothing

Cara membuat nama brand clothing adalah satu hal yang wajib diingat bagi para calon pengusaha pakaian. Terlebih lagi kita sudah tau sendiri kalau bisnis di bidang tersebut memang identik dengan produk buatan sendiri. Kini berjualan bahan sandang sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Baik yang tua dan sudah profesional maupun yang muda dan tergolong pemula. Alasan utamanya tentu saja karena hasil keuntungan yang bisa mereka dapatkan sangatlah berlimpah.

Tak hanya itu saja, melihat adanya antusias dari konsumen yang semakin hari semakin meningkat. Hal ini membuat industri fashion  berkembang dengan pesat. Banyak pihak yang ramai-ramai merintis usaha menjual aneka jenis pakaian. Clothing Line sendiri adalah merupakan salah satu jenis bisnis fashion yang umumnya digandrungi anak muda. Yang dijual adalah pakaian dengan brand atau merek lokal, asli buatan dalam negeri sendiri. Tak hanya itu saja, ciri khas lain dari baju-baju clothing adalah desain dan modelnya yang unik.

Cara Membuat Nama Brand Clothing

Para anak muda Indonesia membuat gambar atau desainnya sendiri dan terkadang hanya diproduksi secara berkala. Jadi Anda jangan heran kalau pakaian dari clothing banyak yang sifatnya limited edition atau edisinya terbatas. Inilah yang juga menarik banyak calon pembeli dimana mereka merasa diistimewakan. Alasannya adalah karena pakaian yang mereka beli dan pakai tidak akan sama dengan orang lain. Karena semakin disukai oleh masyarakat maka tak heran kalau bisnis yang satu ini makin berkembang di Indonesia.

Contohnya, Anda dapat melihat sendiri banyaknya toko dan pengusaha Clothing Line di Kota Bandung. Banyak sekali orang yang tertarik ingin membuka usaha clothing namun pastinya tidak semudah itu. Berbeda dengan penjual pakaian biasa, pengusaha clothing dituntut untuk serba bisa, salah satunya mampu memproduksi produknya sendiri. Inilah yang seringkali membuat masyarakat menjadi sedikit bingung. Selain masalah modal yang cukup besar, Anda juga harus memikirkan tentang membuat nama brand clothing sendiri.

Cara membuat nama brand clothing bukanlah suatu perkara mudah ketika Anda ingin mulai membuka usaha di bidang fashion. Apalagi jika nantinya akan menjual pakaian anak muda dan merupakan produksi sendiri. Hal ini tidaklah mudah karena nama brand akan menjadi suatu jati diri dan menunjukkan tentang identitas bisnis tersebut. Tak bisa main-main dan sembarangan mengambil nama saja. Anda perlu memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai macam hal.

Sudah banyak sekali kasus dimana para pengusaha pakaian, khususnya di bidang clothing yang gulung tikar dengan cepat. Masalah utamanya ada pada pemilihan nama brand yang salah sehingga tidak mampu menarik minat dan perhatian konsumen. Alhasil, banyak masyarakat yang kurang mengenal adanya toko tersebut dan enggan membeli produk pakaian dari sana. Jika Anda berfikir kalau strategi pemasaran hanya pada media sosial, pamflet, ataupun brosur, tentu saja salah besar.

Sebuah nama dari brand clothing ternyata juga sangat berpengaruh dalam proses promosi. Anda bisa saja memposisikan diri sendiri sebagai konsumen. Tentunya akan lebih tertarik membeli barang yang sudah jelas memiliki brand atau merek tertentu bukan? Selain terlihat keren karena brand tersebut berkualitas, Anda juga akan merasa yakin dan aman. Alasannya karena produk tersebut terbukti jelas serta berkualitas, bukan produk tiruan, atau bahkan pakaian bekas.

Baju clothing yang mempunyai brand sendiri akan membuat masyarakat menjadi percaya. Brand tak hanya menunjukkan identitas tetapi juga kualitas karena biasanya dilengkapi dengan keterangan ukuran baju, bahan, dan sebagainya. Itulah sebabnya mengapa membuat nama merek clothing harus dipikirkan sejak awal.

Membuat Nama Brand Clothing

Hal pertama yang harus menjadi sasaran utama adalah memikirkan tema, topik, serta karakter dari nama brand. Buatlah konsep yang sesuai dengan produk jualan. Misalnya saja konsep rock n role, punk, misteri, kesan formal, edgy, vintageretro, dan sebagainya. Kemudian langkah penting yang kedua adalah mulai mencari dan memilih nama merek yang bagus. Usahakan mencari yang unik, menarik, dan berbeda dari merek pakaian clothing lainnya.

Ini akan menjadi pembeda antara produk yang Anda hasilkan dengan para pesaing. Dengan brand yang menarik maka akan menjadi alat komunikasi jitu antara Anda dengan calon konsumen. Biasanya masyarakat lebih senang jika mendengar nama-nama merek tidak biasa, mudah diingat, menarik, dan mampu menginterpretasikan barang barang dagangan Anda. Cara membuat brand clothing selanjutnya adalah memikirkan visualisasi logo. Logo adalah gambar atau simbol yang nantinya akan melengkapi nama brand clothing.

Untuk urusan yang satu ini maka Anda dapat menggunakan jasa seorang ahli desain. Akan tetapi, pastikan dulu kalau Anda telah merancang dan mengetahui gambaran logo yang diinginkan. Inspirasi membuat logo bisa didapatkan dari banyak hal, misalnya disesuaikan dengan tema atau konsep. Atau suatu hal yang berhubungan dengan fashion, kehidupan anak muda,dan sebagainya. Konsultasikan dengan ahli desain tersebut agar Anda dapat memiliki pandangan dan ide yang lebih luas lagi.

Ketika semua hal mengenai cara membuat brand clothing sudah selesai, maka tugas Anda selanjutnya adalah mencari jasa konveksi terbaik. Selain untuk menjahit semua jenis pakaian yang dihasilkan, Anda juga perlu membuat label dari nama brand. Nantinya label tersebut akan dipasang pada bagian tertentu pada pakaian, seperti di area leher. Lindungi brand pakaian anda dari pembajakan, segera hubungi konsultan merek kami.

    Chat WA