Cara Membuat Label Produk Makanan

Cara membuat label produk makanan bisa menjadi sebuah pengetahuan penting bagi anda yang tengah merancang ataupun telah menekuni bisnis makanan. Memiliki brand atau merk sendiri sangatlah menguntungkan bagi pelaku usaha karena produk yang dijual kemudian memiliki identitas yang jelas. Identitas yang jelas akan memudahkan seorang pelaku usaha untuk menjaring pelanggan jika sebelumnya pelanggan tersebut merasa puas dengan produk yang dibeli.

Mengingat nama merk produk menjadi hal yang pasti dilakukan oleh konsumen yang puas dengan produk yang dibeli; hal yang sama juga akan terjadi jika seorang konsumen tidak puas. Memiliki produk dengan identitas yang jelas dengan memberikan kualitas terbaik akan menjadi 2 hal penting dalam mencapai sukses di dunia usaha. Khusus untuk bisnis produk makanan; ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika akan memilih nama merk dan membuat label.

Pastikan untuk memilih nama yang unik dan mampu mewakili produk yang dijual serta pada saat yang sama mampu memicu citra positif. Sebuah nama produk makanan yang tidak menimbulkan selera bagi calon konsumennya memiliki resiko besar gagal.

Cara Membuat Label Produk Makanan

Karena alasan itulah nama merk yang digunakan wajib mampu mewakili produk dan sekaligus mengundang selera calon konsumen untuk mencoba mencicipi. Aspek pertimbangan desain seperti nama yang mewakili karakter produk, mudah diingat secara visual ataupun ketika disebut menjadi hal yang wajib Anda perhatikan dalam memilih nama merk. Ada anjuran untuk menggunakan nama merk yang singkat dan tidak lebih dari 3 suku kata. Hal itu dibuat untuk lebih memudahkan nama merk untuk masuk ke ingatan konsumen ataupun calon konsumen.

Pilihan lain dalam menentukan merk adalah menggunakan nama Anda sebagai produsen jika dirasa nama yang Anda miliki terbilang unik dan berpotensi menjadi ikonik. Kreativitas dan terkadang keberuntungan bisa sangat membantu proses menentukan nama merk produk makanan ataupun produk apapun. Setelah menemukan nama merk yang cocok dan diyakini memberi hoki bagi produk yang dijual; maka membuat label produk makanan dapat dipelajari dan proses pembuatan label maupun kemasan bisa Anda lakukan.

Mengetahui cara membuat label produk makanan akan memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis dari aspek teknis; namun memadukan antara nama merk dan logo hingga menghasilkan label yang baik menjadi satu hal yang harus mendapat perhatian khusus. Kekuatan dari nama dan tampilan sebuah merk akan sangat memudahkan proses dari pembuatan label dan kemasan. Salah satu hal penting bagi Anda yang memang serius untuk memiliki merk sendiri pada produk makanan adalah membuat logo yang didalamnya memuat nama merk yang sudah Anda pilih.

Dari logo itulah label kemudian dapat didesain dan proses lanjutan seperti membuat kemasan juga dapat dilakukan. Salah satu hal penting dari cara membuat label adalah cara menempatkan label tersebut. Kemasan yang Anda pilih akan menentukan cara dan media apa yang dapat digunakan untuk membuat label merk makanan. Pelaku usaha makanan kecil atau camilan yang hanya ingin mengemas produknya dengan plastik polos dapat memanfaatkan label berukuran sama dengan lebar plastik kemasan dan menempatkan label di bagian seal plastik kemasan. Pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat label dari bahan stiker dan melekatkan label tersebut di bagian tengah kemasan produk.

Cara Membuat Label Produk

Proses pembuatan label produk makanan dengan kedua pilihan penempatan label tersebut terbilang sangat mudah. Cukup dengan mencetak merk yang sudah Anda desain ke selembar kertas atau stiker; maka label sudah siap dilekatkan pada kemasan makanan yang akan dipasarkan. Metode lain yang bisa dilakukan adalah membuat kemasan sederhana dari plastik yang telah disablon dengan merk yang Anda miliki. Pada pilihan pelabelan ini; pelaku usaha sebenarnya sudah beranjak memasuki pengemasan makanan yang lebih serius meski masih dalam taraf teknis yang sederhana.

Membuat kemasan sendiri merupakan salah satu pilihan terbaik dari proses melekatkan label pada produk makanan.

Adapun cara membuat label produk makanan sekaligus kemasan ini membutuhkan proses yang lebih rumit.

namun ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan kemasan yang didesain dengan baik. Pelaku bisnis makanan yang benar – benar serius dalam usahanya dan memang memiliki produk yang unik serta berkualitas memang sebaiknya membuat kemasan sendiri. Kepemilikan kemasan yang baik tidak hanya meningkatkan brand image atau citra dari merk produk makanan; namun juga memungkinan untuk memperluas jaringan pemasaran produk yang dimiliki.

Kegiatan pemasaran berupa kerja sama retail dengan supermarket atau mini market bisa lebih mudah dilakukan oleh pelaku usaha makanan yang telah memiliki kemasan sendiri. Kemasan dengan label nama merk yang melekat dengan diserta informasi lain seperti bahan yang digunakan, kandungan nilai gizi hingga sertifikasi halal dan nomor registrasi usaha akan membawa usaha ke babak baru dalam dunia usaha. Label yang berisi nama merk dan logo yang telah didaftarkan sebagai merk dagang akan memberi identitas yang jelas dari sebuah produk makanan.

Salah satu pilihan  membuat label produk dan kemasan adalah bekerja sama dengan produsen kemasan untuk usaha kecil menengah. Keuntungan yang bisa Anda dapat dengan lebih serius melakukan pengemasan produk makanan yang tidak hanya sekedar menempelkan label di produk yang dijual. Lindungi merek usaha anda segera, kami konsultan HKI siap membantu anda.

    Chat WA