Cara Daftar Trademark

Cara daftar trademark atau merk dagang bisa menjadi informasi penting bagi pelaku bisnis yang ingin mengambil langkah maju bagi usahanya. Kepemilikan merk dagang sendiri akan memberi banyak keuntungan bagi pelaku usaha. Selain memiliki identitas yang jelas; pelaku usaha yang memiliki merek dagang terdaftar akan mendapat perlindungan hukum dari negara terkait pemanfaatan nama merk dagang oleh pihak lain yang tidak seijin pemilik merk dagang yang bersangkutan.

Negara memberi perlindungan bagi pelaku bisnis berupa kesempatan mendaftarkan merek dagang agar merek dagang tersebut mendapat perlindungan hukum. Merek dagang merupakan sebuah identitas di dunia bisnis dan sudah sepantasnya bahwa identitas tersebut hanya dimiliki satu pihak. Penggunaan identitas pelaku bisnis lain berupa merek dagang untuk keuntungan pihak selain pemilik merek dagan merupakan sebuah kejahatan. Selain kerugian materiil, pemilik merek dagang juga beresiko mengalami kerusakan citra atau penurunan brand image jika beredar produk palsu dengan kualitas yang buruk. Resiko – resiko kerugian bagi pelaku bisnis tersebut dapat dikurangi dengan mendaftarkan merek dagang atau trademark melalui konsultan merek kami.

Cara Daftar Trademark

Pengetahuan mengenai cara mendaftar trademark atau merek dagang menjadi hal penting bagi pelaku usaha yang serius ingin melindungi usaha yang ditekuni dari berbagai tindak merugikan terkait penyalahgunaan merek dagang oleh pihak lain. Pelaku bisnis yang ingin melakukan pendaftaran merek dagang sebaiknya menghubungi konsultan merek. Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh pelaku usaha tentu saja memiliki nama merek dagang. Pemilihan nama merek dagang ini tidak dapat dilakukan secara sembarang.

Ada beberapa pertimbangan yang sebaiknya dilakukan seperti memilih merek dagang yang mampu mewakili produk atau jasa yang ditawarkan. Merek dagang sebaiknya juga unik sehingga mudah diingat dan memiliki daya tarik bagi calon konsumen. Pemilihan merek dagang yang kurang baik bisa berdampak kurang menguntungkan bagi bisnis yang dijalani. Sedangkan hal terpenting terkait pilihan merek dagang sebelum didaftarkan dan mendapat paten adalah mengajukan nama merek dagang yang belum digunakan oleh pihak lain.

Seorang pelaku bisnis yang akan mendaftarkan merek dagang miliknya harus melakukan pengecekan merek terlebih dahulu guna memastikan nama merek dagang yang akan digunakan belum dipakai oleh pelaku bisnis lain. Setelah menemukan nama yang sesuai dengan produk atau jasa yang dijual dan yakin dengan prospek penggunaan nama tersebut serta kemungkinan besar belum ada pihak lain yang menggunakan; maka nama merek dagang tersebut dapat didaftarkan melalui konsultan HKI kami.

Cara mendaftar Trademark

Pelaku bisnis yang telah memutuskan untuk menggunakan merek dagang tertentu dapat mengajukan permohonan mendaftarkan merek dagang miliknya dan akan mendapat informasi mengenai syarat – syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan paten merek dagan tersebut.

Cara daftar trademark setelah mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang

Permohonan pendaftaran merek dagang yang dilakukan oleh seseorang dapat saja ditolak jika nama merek dagang yang didaftarkan ternyata telah menjadi milik pihak lain. Jika hal tersebut terjadi; maka pihak yang mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang wajib mengajukan nama baru sebagai pengganti nama merek dagang yang ditolak. Hal inilah yang membuat menyiapkan nama merek dagang cadangan menjadi cukup penting. Jika nama merek dagang yang diajukan untuk didaftarkan belum digunakan oleh pihak lain.

    Chat WA