Alasan Menggunakan Merek

Alasan menggunakan merek bagi manusia karena manusia dibekali oleh tuhan dengan kemampuan berpikir yang membuat manusia bisa menghasilkan suatu karya, cipta dan karsa. Suatu cipta, karsa dan karya manusia inilah yang disebut sebagai kebudayaan. Setiap hasil ciptaan dari manusia ini setidaknya ada yang menghargainya. Untuk itu diperlukan sebuah merek yang mana merek ini nanti digunakan untuk mengidentifikasi suatu hasil ciptaan dari manusia. Alasan mengapa seseorang yang telah menciptakan suatu produk tertentu harus segera dibuatkan merek dikarenakan untuk melindungi produk yang telah seseorang ciptakan.

Alasan Menggunakan Merek

Anda mungkin pernah mendengar ada suatu produk yang memang terkesan sederhana namun harganya sungguh sangat fantastis, mengapa bisa demikian? Hal tersebut terjadi karena merek yang telah dipatenkan pada produk tersebut. Itulah sedikit gambaran mengenai alasan menggunakan merek atas setiap produk yang telah diciptakan. Begitupun Anda mungkin yang menciptakan suatu produk dimana produk ini belum ada yang menciptakan dan baru Anda sendiri yang menciptakannya, maka tentu sangat wajib untuk melabelkan merek pada produk yang telah Anda ciptakan. Hal ini untuk mencegah hal yang memang tidak diinginkan.

Seperti contohnya ketika suatu produk dipasarkan kemudian ada yang memang begitu tertarik dengan produk tersebut dan pada akhirnya meniru hingga diklaim sebagai hasil ciptaan orang yang meniru. Tentu saja kejadian seperti itu tidak ingin dialami oleh semua orang yang memiliki merek sendiri. Selain tindakan tersebut tidak terpuji, tentunya dapat merugikan Anda sebagai seorang penemu. Hal ini juga yang kemudian mendasari beberapa alasan menggunakan merek dagang yang memang wajib terlabeli dari setiap produk yang telah diciptakan oleh suatu lembaga, kelompok atau perseorangan.

Beberapa Alasan Menggunakan Merek

Merek itu dapat juga disebut sebagai label yang menunjukkan suatu ciri khas yang membedakan dari produk lain yang sejenis. Dengan menggunakan merek dagang maka produk Anda akan lebih mudah dikenali oleh konsumen. Bahkan dengan teknik branding yang jitu, apa yang Anda hasilkan bisa menjadi trend di masyarakat. Inilah fungsi merek, untuk membuat orang yang asal mulanya tidak mengetahui suatu produk tertentu menjadi lebih familiar atas suatu produk.

Alasan Menggunakan Merek dagang

Alasan menggunakan merek tidak hanya itu saja melainkan ada banyak alasan logis yang harus diketahui, berikut beberapa di antaranya:

  1. Merek bisa membuat suatu produk atau jasa memiliki nilai tambah
    Hal ini bisa dicontohkan dari 2 buah botol yang berisi air minum lalu yang satu bermerek A dan yang satu hanya sekedar botol bersih yang di dalamnya terisi air. Maka kira-kira orang akan lebih tertarik membeli yang mana? Tentu saja yang ada mereknya dan ini bisa menjadi nilai tambah dari produk air minum yang dikemas dalam botol bermerek.
  2. Produk akan lebih mudah diingat oleh masyarakat
    Misalkan ada seseorang yang menciptakan sebuah produk yang lantas orang tersebut memberikan merek atas produk yang diciptakannya maka tentu saja orang yang mengkonsumsi produk tersebut akan selalu mengingat mengenai produk yang telah dikonsumsinya.
  3. Merek juga bisa membuat suatu produk itu menarik dan lucu
    Biasanya orang sebelum membeli akan mengecek terlebih dahulu megenai merek yang ada. Jika memang itu suatu merek yang unik dan lucu maka tentu saja peminatnya akan semakin tambah. Untuk itu, para produsen dari suatu produk harus mengetahui cara cek merek dagang untuk sebelum nantinya memasarkan produk yang telah dihasilkannya.

Itu hanya sekilas dari alasan kenapa menggunakan merek yang bisa dijadikan patokan untuk para pelaku usaha untuk nantinya tetap melabelkan merek atas setiap barang dagangan yang telah dihasilkannya.

Untuk selanjutnya ada suatu proses yang mana ini tetap saja berkaitan dengan alasan menggunakan merek yang memang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Karena salah satu alasan yang penting adalah bahwa merek yang telah dilabelkan pada suatu produk hasil dari inovasi seseorang atau kelompok ini nyatanya bisa dicek oleh khalayak ramai.

Jadi kalau semisal Anda memiliki sebuah produk dan belum didaftarkan atau belum dilabeli merek tertentu jika ada yang memang menjiplak produk Anda lalu melabelinya dengan nama dari orang yang menjiplak tersebut, maka tentu saja Anda sudah tidak bisa berkutik apa-apa lagi. Maka dari itulah, ini adalah satu alasan menggunakan merek yang memang harus segera dilakukan oleh pelaku usaha.

    Chat WA